Hubungan kemampuan pedagogik dan efikasi diri terhadap minat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 pada mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Reza Dwika Yuniar - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan pedagogik dan efikasi diri terhadap minat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 pada mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Reza Dwika Yuniar

Yuniar, Reza Dwika Yuniar (2023) Hubungan kemampuan pedagogik dan efikasi diri terhadap minat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 pada mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Reza Dwika Yuniar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada Abad 21 ditandai semakin menegaskan bahwa standar untuk sekolah abad 21 atau abad digital untuk guru dan siswa berkaitan dengan penerapan teknologi dalam pembelajaran sehingga diharapkan mahasiswa calon guru dapat menjadi guru kejuruan yang kompeten dalam menghadapi era digital. Dalam menentukan pilihan karir menjadi guru dipengaruhi oleh aspek kemampuan pedagogik dan efikasi diri sehingga apabila kemampuan pedagogiknya baik maka kepercayaan diri meraka untuk berkarir menjadi guru kejuruan juga akan meningkat. Penelitian bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan pedagogik dan efikasi diri terhadap minat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (2) Mengungkap hubungan parsial antara kemampuan pedagogik terhadap minat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (3) Mengungkap hubungan parsial antara efikasi diri terhadap minat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (4)Mengungkap hubungan simultan antara kemampuan pedagogik dan efikasi diri terhadap minat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis ex post facto dengan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengunakan teknik sampling jenuh yaitu sebanyak 80 responden yang berstatus sebagai mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2019 Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan untuk variabel X1 X2 Y berupa angket yang menggunakan skala likert 4. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat dan uji hipotesis dengan perhitungan manual dan SPSS. Hasil penelitian diketahui (1) Pada variabel berminat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (Y) pada kategori tinggi (2) Pada variabel kemampuan pedagogik (X1) mayoritas pada kategori tinggi (3) Pada variabel efikasi diri (X2) pada kategori tinggi (4) Koefisien korelasi parsial variabel kemampuan pedagogik (X1) terhadap variabel berminat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (Y) sebesar 0 753 dan taraf signifikansi 0 000 (5) Koefisien korelasi parsial variabel efikasi diri (X2) terhadap variabel berminat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (Y) sebesar 0 743 dan taraf signifikansi 0 000 (6) Koefisien korelasi simultan variabel kemampuan pedagogik (X1) dan variabel efikasi diri (X2) terhadap variabel berminat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (Y) sebesar 0 834 dan taraf signifikansi 0 000. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel kemampuan pedagogik (X1) terhadap variabel berminat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (Y) (2) terdapat hubungan positif dan signifikan terhadap variabel efikasi diri (X2) dengan variabel berminat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (Y) (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel kemampuan pedagogik (X1) dan variabel efikasi diri (X2) terhadap variabel berminat berkarir menjadi guru kejuruan abad 21 (Y) pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302077

Actions (login required)

View Item View Item