Ramadhan, Rakaswara Ramadhan (2023) Pengembangan modul instalasi penerangan listrik berbasis project based learning berbantuan autocad 2017 untuk siswa kelas xi titl smk negeri 6 malang / Rakaswara Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ramadhan Rakaswara. 2023. Pengembangan Modul Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Project Based Learning Berbantuan AutoCAD 2017 untuk Siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Azhar Ahmad Smaragdina S.Pd. M.Pd. (II) Ir. Arya Kusumawardana S.Pd. M.T. Kata Kunci Modul AutoCAD Instalasi Penerangan Listrik Project Based Learning. Kemajuan teknologi mendorong inovasi di sekolah untuk menghasilkan individu yang mengerti perkembangan teknologi inovasi produk dan metode pembelajaran. Model Project Based Learning dipilih karena fokusnya pada pemecahan masalah kelompok dengan teknologi terkini. Meskipun AutoCAD berguna dalam desain instalasi listrik minim pemahaman siswa dan guru terhadapnya mengakibatkan ketergantungan pada metode lama. Oleh karena itu penulis merancang modul pembelajaran AutoCAD untuk meningkatkan pemahaman siswa dan guru dalam mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Tujuan penelitian ini adalah merancang mengembangkan dan menguji modul instalasi penerangan listrik berbasis Project Based Learning dengan AutoCAD 2017 untuk siswa kelas XI TITL SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan mengumpulkan data melalui angket untuk pendekatan kuantitatif dan melalui kritik serta saran untuk pendekatan kualitatif. Ujicoba melibatkan 6 siswa dalam kelompok kecil dan 30 siswa dalam kelompok besar. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran yaitu modul instalasi penerangan listrik berbasis Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Hasil validasi ahli materi mendapatkan 94 44% dan hasil validasi ahli media mendapatkan 95 23%. Ujicoba kelompok kecil yang melibatkan 6 siswa mendapatkan hasil 95.48% dan ujicoba kelompok besar dengan melibatkan 30 siswa medapatkan hasil 92 11. Sehingga dari keempat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul dikategorikan sangat valid dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/302073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |