Hubungan vocational capability dan interpersonal awareness terhadap career decision di era society 5.0 pada siswa smk kelas xii kompetensi keahlian teknik elektronika industri di kabupaten malang / Zulfairudin Trian Masada - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan vocational capability dan interpersonal awareness terhadap career decision di era society 5.0 pada siswa smk kelas xii kompetensi keahlian teknik elektronika industri di kabupaten malang / Zulfairudin Trian Masada

Masada, Zulfairudin Trian Masada (2023) Hubungan vocational capability dan interpersonal awareness terhadap career decision di era society 5.0 pada siswa smk kelas xii kompetensi keahlian teknik elektronika industri di kabupaten malang / Zulfairudin Trian Masada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masada Zulfiarudin Trian. 2023. Hubungan Vocational Capability dan Interpersonal Awareness terhadap Career Decision di Era Society 5.0 pada Siswa SMK kelas XII kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri di Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.. Pembimbing (I) Dr. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Vocational Capability Interpersonal Awareness Career Decision Perubahan kehidupan masyarakat di era Society 5.0 membuat dunia kerja industri pendidikan ekonomi sosial budaya dan bidang kehidupan lainnya akan terkena dampaknya. Berdasarkan hasil data keterserapan Siswa SMK kelas XII kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri di Kabupaten Malang yang sudah bekerja belum sepenuhnya sesuai dengan jurusannya dengan ini siswa perlu career decision untuk menentukan keputusan karirnya agar sesuai dengan jurusan. aspek yang mempengaruhi career decision (Y) adalah viocational capability (X1) dan interpersonal awareness (X2). Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan tingkat vocational capability (2) mendeskripsikan tingkat interpersonal awareness (3) mendeskripsikan tingkat career decision (4) mengungkap signifikansi hubungan secara parsial antara X1 terhadap Y (5) mengungkap signifikansi hubungan parsial antara X2 terhadap Y dan (6) mengungkap hubungan simultan antara X1 dan X2 terhadap Y. Penelitian ini merupakan jenis exsplanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling menggunakan propotional random berjumlah 132 siswa dengan status telah melakukan prakerin. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan angket terbuka yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Reliabilitas variabel X1 0 931 X2 0 729 dan Y 0 885. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi linier ganda analisis uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif-relatif dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel X1 mayoritas persentase berada dalam kategori tinggi (50%) dan sangat tinggi (46 2%). Variabel X2 cenderung sangat tinggi dengan persentase (56 6%). Variabel Y cenderung tinggi dengan persentase 54%. Hubungan secara parsial antara X1 dan Y serta X2 dan Y memiliki thitung gt ttabel yaitu 10 556 gt 1 65648 dan 7 398 gt 1 65648. Hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y memiliki Fhitung gt Ftabel yaitu 61 568 gt 3 09. Sumbangan efektif X1 dan X2 adalah 37 55% dan 11 26%. Sumbangan relatif X1 dan X2 adalah 76 95% dan 23 06%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) tingkat X1 mayoritas tinggi dan sangat tinggi X2 cenderung tinggi Y cenderung tinggi (2) terdapat hubungan positif dan signifikan secara parsial antara X1 dan Y serta X2 dan Y (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302072

Actions (login required)

View Item View Item