Perbandingan hots (high order thinking skill) pada penerapan model pembelajaran simayang dengan model pembelajaran problem solving berbantuan simulasi pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika siswa kelas x teknik instalasi tenaga listrik smk islam 1 blitar / Alfin Firman Syah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hots (high order thinking skill) pada penerapan model pembelajaran simayang dengan model pembelajaran problem solving berbantuan simulasi pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika siswa kelas x teknik instalasi tenaga listrik smk islam 1 blitar / Alfin Firman Syah

Syah, Alfin Firman Syah (2023) Perbandingan hots (high order thinking skill) pada penerapan model pembelajaran simayang dengan model pembelajaran problem solving berbantuan simulasi pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika siswa kelas x teknik instalasi tenaga listrik smk islam 1 blitar / Alfin Firman Syah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syah Alfin Firman. 2022. Perbedaan HOTS (High Order Thinking Skill) pada Penerapan Model Pembelajaran SiMaYang dengan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Simulasi pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smk Islam 1 Blitar. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Wiabawanto M.T. (2) Dyah Lestari S.T. M.T. M. Eng. Kata Kunci HOTS (High Order Thinking Skill) Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Problem Solving SiMaYang Simulasi. P3BK (2018 5) menyatakan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) tersusun atas menalar menganalisa dan menilai. Hasil penilaian tahun 2018 memperlihatkan penurunan diberbagai bidang dibandingkan dengan hasil PISA 2015. Sekolah diberbagai jenjang pendidikan diharapkan guna membiasakan atau melatih siswa dengan kegiatan pembelajran yang disertai dengan soal-soal yang berorientasi HOTS. Salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan jumlah siswa termasuk kurangnya latihan siswa yang memiliki basis HOTS. Studi ini bertujuan guna mengidentifikasi disimilaritas tingkat keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X TITL SMK Islam 1 Blitar dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika serta materi pengukuran arus dan tegangan listrik. sebab itu penelitian ini menggunakan eksperimen quasi eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan grup kontrol pretest-posttest dengan tipe pretest-posttest. Penelitian ini dirancang guna menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol yang ditentukan secara random. Penelitian ini menggunakan kelas X TITL SMK Islam 1 Blitar yang tersusun atas dua kelas kelas X TITL 1 yang berfungsi sebagai kelompok kontrol dan kelas X TITL 3 yang berfungsi sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen memperoleh perlakuan dari penerapan model pembelajaran SiMaYang mdash yang menggunakan simulasi untuk setiap model pembelajaran mdash sementara kelompok kontrol memperoleh perlakuan dari penerapan model pembelajaran Problem Solving. Sebagai hasil dari uji independen sample t-test nilai siginifikansi sebesar 0 001 ditunjukkan yang berarti Ha dapat diterima dan H shy 0 ditolak. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran SiMaYang berbantuan simulasi memperlihatkan disimilaritas dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kelompok eksperimen memperlihatkan perkemabangan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih besar daripada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302069

Actions (login required)

View Item View Item