Ihsan, Muhammad Fadhilah Ihsan (2023) Pengaruh model pembelajaran active knowledge sharing terhadap communication skill dan technical skill siswa kelas x titl smkn 6 malang / Muhammad Fadhilah Ihsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah satuan pendidikan dimana siswa dipersiapkan untuk terjun langsung ke dunia industri dan menjadi tenaga profesional dibidang studinya. Hal yang diharapkan dengan meniti pendidikan di SMK yaitu dapat menyeimbangkan antara hardskill dan softkill. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang dapat menyeimbangkan kedua ilmu tersebut sehingga membuat siswa lebih mudah diterima di industri. Salah satu media alternatif yang mendukung hal tersebut adalah model pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) atau saling tukar pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran AKS terhadap peningkatan communication skill (CS) dan technical skill (TS) siswa kelas X TITL di SMKN 6 Malang. Model pembelajaran AKS merupakan suatu pendekatan yang memfasilitasi siswa untuk berbagi pengetahuan berdiskusi dan berkolaborasi secara aktif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskrispsikan model Active Knowlegde Sharing (X) (2) Mendeskripsikan Communication skill (Y1) (3) Mendeskripsikan Technical Skill (Y2) (4) Mengetahui adanya pengaruh signifikan antara (X) dan (Y1) (5) Mengetahui adanya pengaruh signifikan antara (X) dan (Y2) (6) Mengetahui adanya signifikansi pengaruh antara (X) dengan (Y1) dengan (Y2) secara stabil. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan system pretest-postest control group. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelompok dengan masing masing jumlahnya yaitu 35 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui instrument angket yang telah divalidasi sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran aks berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan CS dan TS siswa. Hasil dari postest menunujukkan peningkatan yang lebih baik dalam kedua keterampilan tersebut dibandingkan dengan pretest. Hasil penelitian diketahui (1) X1 pada kategori kategori sedang (2) Y1 mayoritas pada kategori tinggi (3) Y2 Pada kategori tinggi (4) Koefisien korelasi parsial X dengan Y1 sebesar 0 596 dan taraf signifikansi 0 000 (5) koefisien korelasi parsial antara X dengan Y2 sebesar 0 645 dan taraf signifikansi 0 000 (6) taraf signifikansi simultan X Y1 dan Y2 adalah 0 000 Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara X dan Y1 (2) terdapat pengaruh positif antara X dan Y2 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara X dengan Y1 dan Y2 pada siswa kelas X TITL SMKN 6 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/302068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |