Pengembangan modul alat tangan dan alat kerja kelistrikan berbasis problem based learning pada mata pelajaran dasar-dasar ketenagalistrikan untuk siswa kelas x smk negeri 3 boyolangu / Bagas Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul alat tangan dan alat kerja kelistrikan berbasis problem based learning pada mata pelajaran dasar-dasar ketenagalistrikan untuk siswa kelas x smk negeri 3 boyolangu / Bagas Nugroho

Nugroho, Bagas Nugroho (2023) Pengembangan modul alat tangan dan alat kerja kelistrikan berbasis problem based learning pada mata pelajaran dasar-dasar ketenagalistrikan untuk siswa kelas x smk negeri 3 boyolangu / Bagas Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan adalah salah satu hal yang utama dalam proses kemajuan peradaban manusia tidak terkecuali di negara Indonesia. Seiring dengan kemajuan teknologi dan metode-metode yang digunakan demi mencapai tujuan pendidikan berbanding lurus dengan munculnya berbagai permasalahan terutama di jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Maka dari itu adanya bahan ajar berupa modul sangat penting untuk menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Ditinjau dari hasil wawancara kepada salah satu guru Teknik Ketenagalistrikan di SMKN 3 Boyolangu menerangkan bahwa terdapat permasalahan di jurusan tersebut terkait modul yang kurang sesuai dengan kondisi siswa. Masih banyak siswa yang kurang menguasai elemen alat tangan dan alat kerja kelistrikan dikarenakan susunan materinya tidak tersusun sistematis dan cakupan materi yang kurang lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang modul alat tangan dan alat kerja kelistrikan berbasis problem based learning. Kemudian mengembangkan modul pembelajaran dan menguji kelayakan dari modul yang dikembangkan kepada responden. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono. Hasil validasi yang dilakukan oleh 3 ahli menunjukkan bahwa modul sudah layak untuk dilanjutkan ke tahap uji coba berikutnya. Perolehan skor validasi mulai dari ahli 1 ahli 2 dan ahli 3 mendapat hasil sangat valid dengan skor berturut-turut 97% 95% dan 94%. Kemudian pada hasil uji coba produk mendapatkan skor 94%. Terakhir pada tahap uji coba pemakaian mendapatkan skor 88%. Perolehan skor tersebut dapat dikategorikan sangat layak. Hasil pengujian hingga tahap terakhir yang dilakukan menunjukkan bahwa modul pembelajaran alat tangan dan alat kerja kelistrikan berbasis problem based learning telah layak untuk digunakan sebagai modul pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302059

Actions (login required)

View Item View Item