Pengembangan bahan ajar digital belajar k3 (keselamatan dan kesehatan kerja) pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik untuk melihat tingkat minat belajar siswa / ANDRIAN BIMA NURROHMAN - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital belajar k3 (keselamatan dan kesehatan kerja) pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik untuk melihat tingkat minat belajar siswa / ANDRIAN BIMA NURROHMAN

Nurrohman, Andrian Bima Nurrohman (2023) Pengembangan bahan ajar digital belajar k3 (keselamatan dan kesehatan kerja) pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik untuk melihat tingkat minat belajar siswa / ANDRIAN BIMA NURROHMAN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu materi yang wajib diikuti dan dipahami oleh siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Blitar. Siswa dituntut untuk memahami materi K3 guna menghindari atau mengurangi risiko kecelakaan kerja. Namun saat ini proses pembelajaran baik di dalam atau di luar kelas masih menghadapi kendala dalam pemahaman pentingnya penerapan K3 kelistrikan yang disebabkan oleh keterbatasan bahan ajar yang ada. Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan sebuah inovasi dalam bentuk media pembelajaran yang dinamakan Belajar K3 . Media ini berisi materi pembelajaran K3 yang dapat diakses melalui aplikasi berbasis smartphone Android. Hal ini mempermudah siswa karena hampir semua dari mereka memiliki smartphone Android. Dengan adanya media pembelajaran Belajar K3 diharapkan siswa dapat menjadi mudah memahami pentingnya penerapan K3 dalam bidang kelistrikan. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kesadaran siswa terhadap keselamatan dan kesehatan kerja sehingga risiko kecelakaan dapat diminimalisir. Produk dirancang dan dikembangkan menggunakan model penelitian dan pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan diantaranya (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) revisi produk (9) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi massal. Hasil pengembangan berupa bahan ajar digital dalam bentuk aplikasi Belajar K3 . Aplikasi ini dapat diakses dan dijalankan melalui smartphone Android. Belajar K3 ini dirancang dengan tujuan membantu siswa dalam memahami materi K3 dan melihat tingkat minat belajar setelah diuji coba untuk menilai kelayakan dan efektivitasnya.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Belajar K3 yang dikembangkan memperoleh hasil validasi kelayakan aplikasi Belajar K3 yang dilakukan oleh ahli media dosen dan ahli media guru memperoleh rata-rata nilai persentase 98 07% dan 96 40%. Sedangkan untuk hasil validasi materi dari ahli materi dosen dan ahli materi guru memperoleh nilai rata-rata nilai persentase 95% dan 93 88%. Sehingga dari hasil tersebut dapat diperoleh kategori sangat valid untuk validasi para ahli. Selanjutnya untuk hasil uji coba kelompok kecil dan besar juga mendapat juga mendapatkan hasil dengan kategori sangat valid dengan rata-rata nilai persentase masing-masing uji coba 89 57% dan 90 59%. Selain itu dengan menggunakan aplikasi Belajar K3 minat belajar di terlihat baik hal ini terbukti dalam pengukuran minat belajar siswa menunjukkan sebagian besar memiliki kategori tinggi dengan persentase 44%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302042

Actions (login required)

View Item View Item