Peningkatkan kemandirian belajar siswa SMK kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim menggunakan website terintegrasi livecoding bermuatan project-based learning - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatkan kemandirian belajar siswa SMK kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim menggunakan website terintegrasi livecoding bermuatan project-based learning

Prasetyo, Wiji Dwi (2023) Peningkatkan kemandirian belajar siswa SMK kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim menggunakan website terintegrasi livecoding bermuatan project-based learning. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pondasi pemrograman yang kuat membuat programmer lebih mudah untuk belajar dan menyelesaikan masalah pada sebuah program. Hal itulah yang mendasari kompetensi pemrograman dasar menjadi hal yang wajib dikembangkan pada SMK Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di beberapa SMK, sebanyak 66,7% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pemrograman dasar jika tidak dipraktikkan secara langsung dan sebanyak 69,7% siswa membutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah kapan pun dan di mana pun untuk kegiatan belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja, mengukur kelayakan, dan efektivitas website terintegrasi Livecoding bermuatan Project-Based Learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Dari penelitian yang dilakukan, diharapkan dapat memberi manfaat untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Selain itu, produk yang dihasilkan diharapkan dapat mendukung strategi pembelajaran teknologi yang efektif dan efisien. Pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Hannafin and Peck yang terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu 1) Tahap analisis atau penilaian kebutuhan, 2) Tahap desain, dan 3) Tahap pengembangan dan implementasi, yang mana pada setiap tahapan melibatkan proses evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan kuesioner yang terbagi menjadi beberapa bagian yaitu kuesioner ahli materi, ahli media, dan siswa. Penelitian menghasilkan produk media pembelajaran website yang terintegrasi dengan fitur livecoding dan sudah dapat diakses secara online dengan nilai validasi ahli media sebesar 94.08% atau Sangat Valid, penilaian validasi ahli materi sebesar 94.74% atau Sangat Valid, penilaian uji coba kelompok kecil menghasilkan sebesar 85.00% atau Cukup Valid, kemudian penilaian uji coba kelompok besar sebesar 87.15% atau Sangat Valid, dan peningkatan skor kemandirian sebesar 5.57 setelah menggunakan media pembelajaran website terintegrasi livecoding, dari skor 72.40 menjadi 77.97 dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:16
Last Modified: 06 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3020

Actions (login required)

View Item View Item