Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa daerah kelas IV materi pengenalan aksara jawa Sekolah Dasar Negeri Penanggungan Kota Malang/ Tossy Aguk Satriangun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa daerah kelas IV materi pengenalan aksara jawa Sekolah Dasar Negeri Penanggungan Kota Malang/ Tossy Aguk Satriangun

Satriangun, Tossy Aguk (2012) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa daerah kelas IV materi pengenalan aksara jawa Sekolah Dasar Negeri Penanggungan Kota Malang/ Tossy Aguk Satriangun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Daerah Media dapat diartikan suatu perantara atau pengantar pesan yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan Media interaktif adalah media yang dapat berinteraksi secara langsung dengan pebelajar karena interaktif memiliki komunikasi yang bersifat dua arah. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif yang telah melalui proses validasi pada mata Pelajaran Bahasa Daerah Kelas IV di Sekolah Dasar Penanggungan Kota Malang Media interaktif ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dari media ini adalah (1) dapat digunakan secara individu (2) tidak membutuhkan waktu yang lama dalam menggunakan media ini (3) bahan ajar media bersifat interaktif sehingga siswa langsung mendapatkan feedback (balikan) dari media ini (4) dilengkapi dengan petunjuk pemanfaatan dan kuis atau soal latihan (5) tampilan media disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas IV yaitu dengan penggunaan warna yang cerah dan gambar-gambar yang dapat membuat siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Sedangkan kekurangan media ini adalah bahan ajar media ini hanya terbatas pada pokok materi pengenalan aksara jawa. Data pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan instrument berbentuk angket kepada ahli media ahli materi dan audiens (siswa) dan hasil belajar yang diberikan kepada siswa. Data tersebut diolah untuk dianalisis di interpretasi dan disimpulkan tingkat kevalidan dan efektivitasnya. Hasil pengembangan media pembelajran interaktif ini dikemukakan sebagai berikut uji coba ahli media didapat persentase 93% berdasarkan kriteria hasil kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualifikasi valid uji coba ahli materi didapat persentase 85% berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa perseorangan didapat persentase 87% kesimpulan berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa kelompok kecil didapat persentase 83% berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa kelompok kecil didapat persentase 84% berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualifikasi valid. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaan Interaktif Pelajaran Bahasa Daerah untuk SD kelas 4 di Sekolah Dasar Penanggungan Kota Malang valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item