Pengaruh eksposur ekonomi terhadap kinerja saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ / Nova Sylvania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh eksposur ekonomi terhadap kinerja saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ / Nova Sylvania

Nova Sylvania (2008) Pengaruh eksposur ekonomi terhadap kinerja saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ / Nova Sylvania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eksposur ekonomi merupakan perubahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika yang akan berdampak pada perubahan kinerja saham perusahaan di masa yang akan datang. Kinerja saham perusahaan dapat diukur melalui harga dan volume perdagangan sahamnya di pasar modal. Kinerja saham perusahaan di pasar modal selain dipengaruhi oleh nilai tukar juga dipengaruhi oleh kondisi makro ekonomi lainnya seperti inflasi dan suku bunga. Dalam penelitian ini digunakan kurs tengah rata-rata rupiah terhadap dollar Amerika sebagai variabel eksposur ekonomi tingkat inflasi dan suku bunga SBI sebagai variabel makro ekonomi lainnya yang mempengaruhi keputusan investasi di pasar modal yang diteliti pengaruhnya terhadap kinerja saham yang diindikasikan oleh harga saham penutupan dan volume perdagangan saham. Penelitian ini mengambil studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ yang memenuhi kriteria untuk ditetapkan sebagai sampel dengan periode pengamatan 2003-2006. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh eksposur ekonomi dengan kurs rupiah inflasi dan suku bunga sebagai variabel bebas dan kinerja saham dengan harga saham dan volume perdagangan saham sebagai variabel terikat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis path untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel bebas terhadap variabel terikat dan uji F untuk mengetahui pengaruh simultan dari seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurs rupiah inflasi dan suku bunga berpengaruh secara simultan terhadap harga saham. Secara parsial kurs rupiah inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh terhadap harga saham. Secara simultan kurs rupiah inflasi suku bunga dan harga saham berpengaruh terhadap volume perdagangan saham. Secara parsial kurs rupiah dan inflasi tidak berpengaruh terhadap volume perdagangan saham sedangkan suku bunga dan harga saham berpengaruh terhadap volume perdagangan saham. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar penelitian lebih lanjut untuk meneliti obyek tidak hanya pada 10 perusahaan manufaktur saja dan untuk menggunakan periode pengamatan lebih dari 4 tahun serta menambahkan variabel makro lainnya sebagai variabel bebas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30197

Actions (login required)

View Item View Item