Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan (studi pada pengguna jasa hotel Puri Perdana Blitar) / Purwanditya Hendra Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan (studi pada pengguna jasa hotel Puri Perdana Blitar) / Purwanditya Hendra Wahyudi

Purwanditya Hendra Wahyudi (2009) Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan (studi pada pengguna jasa hotel Puri Perdana Blitar) / Purwanditya Hendra Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stabilnya kondisi perekonomian dan politik di Indonesia dalam dua tahun terakhir ini berdampak positif pada sektor industri di Indonesia termasuk salah satunya industri pariwisata. Kondisi industri wisata yang baik ini membawa dampak positif terhadap peningkatan pendapatan sektor-sektor yang terkait khususnya di bidang perhotelan. Saat ini di kota Blitar telah banyak berdiri berbagai hotel seperti Hotel Puri Perdana Hotel Sri Rejeki Patria Plaza Hotel Hotel Blitar Indah Hotel Herlingga dan lain-lain. Sebagian hotel tersebut menawarkan produk yang sejenis dan pasar sasaran yang sama sehingga dari segi ini dapat diketahui perbedaan antara keunggulan dan kelemahan masing-masing hotel. Masing-masing individu akan memilih hotel yang dianggap mampu memenuhi kebutuhannya serta dapat memberikan kepuasan bagi individu tersebut. Demi memenangkan persaingan tentu saja pihak hotel harus bisa memahami keinginan pasar yang ditunjang dengan suatu strategi pemasaran yang baik. Hotel sebagai perusahaan jasa dapat menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dan dikenal dengan strategi bauran pemasaran jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan (studi pada pengguna jasa penginapan hotel Puri Perdana Blitar) secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional yang mana dalam rancangan tersebut akan dapat diketahui apakah ada pengaruh bauran pemasaran jasa dengan keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan fasilitas layanan yang disediakan oleh hotel Puri Perdana Blitar (tamu hotel yang menginap) dalam waktu 3 (tiga) bulan terhitung mulai 01 Juni 31 Agustus 2007 sebanyak 7.938 orang. Teknik sampel dalam pengambilan data menggunakan convenience sampling (cara dipermudah) sehingga dengan menggunakan rumus Slovin dihasilkan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Berdasarkan distribusi frekuensi rata-rata responden memberikan penilaian setuju atau cukup baik terhadap pelaksanaan bauran pemasaran jasa (produk harga distribusi/lokasi promosi orang proses dan layanan pelanggan) hotel Puri Perdana Blitar (2). Berdasarkan distribusi frekuensi rata-rata responden memberikan penilaian cukup tinggi atau setuju bahwa faktor-faktor keputusan pembelian konsumen (faktor budaya sosial pribadi dan psikologis) dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk memilih hotel Puri Perdana Blitar (3). Terdapat pengaruh positif yang signifikan bauran pemasaran jasa (produk harga distribusi/lokasi promosi orang proses dan layanan pelanggan) secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan pada hotel Puri Perdana Blitar (4). Terdapat pengaruh positif yang signifikan bauran pemasaran jasa (produk harga distribusi/lokasi promosi orang proses dan layanan pelanggan) secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan pada hotel Puri Perdana Blitar Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian ini adalah (1). Bauran pemasaran jasa (produk harga distribusi/lokasi promosi orang proses dan layanan pelanggan) yang diberikan oleh hotel Puri Perdana Blitar pada pelanggan harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan dengan cara (a) Meningkatkan keprofesionalan kinerja karyawan dan pimpinan perusahaan (b) Melakukan cara yang dapat memberikan stimulus kepada konsumen seperti pengadaan dan pengembangan acara (event) secara rutin maupun insidental yang dapat mendekatkan perusahaan dengan konsumennya (c) Sekiranya menyediakan kotak saran yang nantinya dari saran-saran tersebut perusahaan dapat mengkaji ulang dan memperbaiki pelayanan jasa yang masih kurang baik (2). Keputusan pembelian konsumen di hotel Puri Perdana Blitar harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan dengan cara (a) Pimpinan perusahaan beserta para karyawan harus mampu memberikan pelayanan dengan baik (b) Tidak ada perbedaan dalam pemberian pelayanan terhadap pelanggan dan (c) Memberikan perhatian terhadap pengguna jasa penginapan hotel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30191

Actions (login required)

View Item View Item