Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. - Repositori Universitas Negeri Malang

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek.

Muhyiddin, Fayi Hanif (2023) Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan e-learning saat ini belum dapat meningkatkan partisipasi dan pengalaman belajar serta memotivasi peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Hal ini disebabkan oleh belum optimalnya pemahaman tentang teknik dan metode dalam pengembangan dan implementasi e-learning. Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap siswa yang menempuh mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek di SMKN 8 Malang, SMKN 12 Malang, dan SMK Nasional Malang dapat disimpulkan bahwa (1) peserta didik kurang menyukai pembelajaran dengan metode konvensional dan metode ceramah (2) minat belajar siswa rendah jika menggunakan media seperti power point dan google classroom dan lebih suka belajar melalui sistem informasi lain yang menarik, (3) peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi karena bahan ajar yang digunakan kurang menarik dan kurang memotivasi, (4) minimnya ketersediaan bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan (5) masih minimnya pengembangan bahan ajar gamifikasi pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, diperlukan sebuah sistem informasi e-learning yang menarik dengan menerapkan elemen rancangan yang ada dalam game, atau lebih dikenal dengan gamifikasi. Gamifikasi juga dapat memberdayakan dan melibatkan peserta didik aktif pada pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif dengan menggunakan website dan game edukasi bermuatan gamifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:07
Last Modified: 06 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3019

Actions (login required)

View Item View Item