Hubungan content knowledge dan pengalaman bermakna saat asistensi mengajar terhadap kesiapan calon guru pada mahasiswa pendidikan teknik informatika / Dennis Raka Pratama Mukti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan content knowledge dan pengalaman bermakna saat asistensi mengajar terhadap kesiapan calon guru pada mahasiswa pendidikan teknik informatika / Dennis Raka Pratama Mukti

Mukti, Dennis Raka Pratama Mukti (2023) Hubungan content knowledge dan pengalaman bermakna saat asistensi mengajar terhadap kesiapan calon guru pada mahasiswa pendidikan teknik informatika / Dennis Raka Pratama Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan Content Knowledge dapat meningkatkan kesiapan seorang mahasiswa sebagai calon guru selain itu pengalaman bermakna juga dapat membantu mahasiswa untuk menjadi calon guru yang siap dan kompeten program asistensi mengajar dapat menjadi solusi bagi mahasiswa guna mempersiapkan diri dan mencari pengalaman sebagai calon guru. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan Content Knowledge (X1) (2) mendeskripsikan pengalaman bermakna saat asistensi mengajar (X2) (3) mendeskripsikan kesiapan calon guru (Y) (4) mengungkap hubungan Content Knowledge dengan tingkat kesiapan calon guru (5) mengungkap hubungan pengalaman bermakna saat asistensi mengajar dengan kesiapan calon guru (6) hubungan secara simultan antara Content Knowledge dan pengalaman bermakna saat asistensi mengajar dengan kesiapan calon guru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan random sampling dengan 90 sampel mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2018-2019 menggunakan angket. Instrumen untuk pengumpulan data adalah angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Variabel X1 X2 dan Y memiliki nilai reliabilitas sebesar 0 922 0 970 dan 0 952. Analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda uji asumsi klasik dan analisis sumbangan efektif dan relatif menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa X1 berkategori sangat tinggi (52%) X2 berkategori sangat tinggi (54%) dan kesiapan calon guru berkategori (56%). Content Knowledge dan kesiapan calon guru memiliki hubungan signifikan dengan koefisien korelasi 0 693 pengalaman bermakna saat asistensi mengajar dan kesiapan calon guru memiliki hubungan signifikan dengan koefisien korelasi 0 789 Content Knowledge dan pengalaman bermakna saat asistensi mengajar dengan kesiapan calon guru memiliki hubungan signifikan dengan koefisien korelasi 0 847. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) X1 X2 dan Y berada dalam kategori tinggi (2) X1 dan X2 memiliki hubungan yang positif dan signifikan (3) X2 dan Y memiliki hubungan yang positif dan signifikan (4) X1 X2 dengan Y memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301804

Actions (login required)

View Item View Item