Implementasi micro-learning berbasis sosial media menggunakan virtual-youtuber pada mata pelajaran teknik komputer grafis / Trianggono Cahyo Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi micro-learning berbasis sosial media menggunakan virtual-youtuber pada mata pelajaran teknik komputer grafis / Trianggono Cahyo Widodo

Widodo, Trianggono Cahyo Widodo (2023) Implementasi micro-learning berbasis sosial media menggunakan virtual-youtuber pada mata pelajaran teknik komputer grafis / Trianggono Cahyo Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 sektor pendidikan menghadapi tantangan yang signifikan. Konsep New Normal dalam pendidikan menyebabkan perubahan besar bagi dunia pendidikan dan mulai bertransisi ke pembelajaran virtual seperti menggunakan video sebagai media pembelajaran dengan video-based learning memudahkan peserta didik untuk memahami materi dengan visual dan dapat diputar ulang. Dengan metode pembelajaran mikro dan inovasi seperti penggunaan virtual-youtuber dapat menambah kemenarikan dalam proses pembelajaran terutama dalam menghadapi tantangan Kurikulum merdeka dan kegiatan belajar pasca pandemi yang memiliki kekurangan dalam media atau sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media micro-learning berbasis sosial media menggunakan virtual-youtuber sebagai alternatif pembelajaran yang fleksibel dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap daya tarik media micro-learning berbasis sosial media menggunakan virtual-youtuber dalam mendukung proses pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan Kurikulum yang berlaku. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) menggunakan model 4-D yaitu Pendefinisian (Define) Perancangan (Design) Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate) menurut S. Thiagarajan Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel (1974 5). Aspek penilaian materi yang digunakan didasarkan oleh Depdiknas (2008) dan Azhar Arsyad (2011) dan Andalas(2020) yang dimodifikasi dan aspek penilaian media yang digunakan didasarkan oleh Depdiknas (2008) dan Azhar Arsyad (2011) Donna amp Camille (2006) dan Andalas (2020) yang dimodifikasi. Hasil validasi media pembelajaran diperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 85% validasi ahli media sebesar 88 64% yang termasuk kedalam kriteria sangat valid. Selain itu didapati respon peserta didik pada uji skala kecil mendapatkan skor sebesar 77 77% dan pada uji skala besar mendapatkan skor 82 68% sehingga mendapatkan Skor rata-rata 80 22% yang termasuk kriteria sangat positif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301801

Actions (login required)

View Item View Item