Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan problem based learning untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas x multimedia di smk nadhatul ulama gondanglegi / Mirza Riski Destian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan problem based learning untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas x multimedia di smk nadhatul ulama gondanglegi / Mirza Riski Destian

Destian, Mirza Riski Destian (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan problem based learning untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas x multimedia di smk nadhatul ulama gondanglegi / Mirza Riski Destian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada kegiatan observasi yang dilaksanakan di SMK Nadhatul Ulama Gondanglegi yang dilakukan dengan wawancara kepada 6 orang siswa yang dipilih secara acak. Hasil wawancara tersebut didapati bahwa para siswa mengalami kesulitan untuk mempelajari hal baru yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Hal tersebut juga didukung dengan perilaku siswa di dalam kelas dimana para siswa di bagian depan kelas mengamati secara seksama pembelajaran yang diberikan oleh guru namun siswa di bangku belakang terlihat asik sendiri dengan kegiatan yang mereka lakukan. Dari permasalahan inilah dibutuhkan media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan siswa untuk membantu pembelajaran baik didalam kelas maupun d luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kelayakan dari Aplikasi Pembelajaran Komputer dan Jaringan dasar serta tingkat motivasi belajar siswa di kelas X jurusan Multimedia SMK Nadhatul Ulama Gondanglegi setelah penggunaan media pembelajaran interkatif berbasis android. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini merujuk pada Teknik Uji Kelompok Kecil dan Uji Kelompok Besar. Dari hasil observasi serta pemilihan metode pengembangan. Peneliti berhasil mengembangkan sebuat media pembelajaran interaktif yang memiliki nama Aplikasi Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Media pembelajaran ini adalah sebuah media pembelajaran yang ditujukan untuk siswa kelas X Multimedia di SMK Nadhatul Ulama Gondanglegi. Media pembelajaran ini memiliki fitur yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran seperti materi gambar dan video pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan juga memiliki fitur quiz. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil (1) Data hasil uji kelayakan kelompok kecil sebesar 89 63% Valid. (2) Data hasil uji kelayakan kelompok besar sebesar 87 5% Valid. (3) Data Motivasi belajar siswa pada kelompok kecil sebesar 89 3%. (4) Data Motivasi belajar siswa pada kelompok besar sebesar 87 38% Dari hasil penelitian dan pengembangan didapati kesimpulan sebagai berikut (1) Media pembelajaran interaktif Aplikasi Komputer dan Jaringan Dasar telah dikembangkan dan memiliki 4 fitur utama yaitu materi video info dan kuis. (2) Materi yang terdapat di media pembelajaran interaktif disesuaikan dengan silabus yang digunakan SMK Nadhatul Ulama Gondanglegi untuk mata pelajaran komputer dan jaringan dasar serta penggunaan metode pengembangan ADDIE dalam proses pengembangan media pembelajaran. (3) Uji Validasi yang dilaksanakan oleh ahli materi dan ahli media memiliki penilaian bahwa media sangat layak untuk diujikan sedangkan uji kelayakan yang dilaksanakan oleh para siswa juga memiliki penilaian dengan kriteria sangat layak. (4) motivasi siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan meningkat pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301800

Actions (login required)

View Item View Item