Pengaruh penerapan micro-learning terintegrasi dengan instagram untuk membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran informatika kelas x smk islam batu / Muhammad Yuka At Thariq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan micro-learning terintegrasi dengan instagram untuk membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran informatika kelas x smk islam batu / Muhammad Yuka At Thariq

Thariq, Muhammad Yuka At Thariq (2023) Pengaruh penerapan micro-learning terintegrasi dengan instagram untuk membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran informatika kelas x smk islam batu / Muhammad Yuka At Thariq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peningkatan dan perbandingan dari penerapan metode dan media yang dikembangkan terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian menggunakan metode True Experiment Design sumber data secara sampling. Kelayakan media berdasarkan dari hasil data validasi ahli dan uji respons siswa. yang telah dimodifikasi. Pengambilan data berupa tes objektif yang menggunakan soal berbentuk pretest-posttest yang didasari oleh alur tujuan pembelajaran SMK Islam Batu yang telah dimodifikasi dan no-test berupa angket kuesioner yang menggunakan skala Likert 1-4. untuk menghitung pengaruh dan perbandingan rata-rata digunakanlah uji independen sanple T-test dan peningkatan menggunakan uji N-Gain. Hasil validasi media sebesar 88 15 dan 92 10 uji validasi materi sebesar 83 92 uji respon siswa sebesar 75 8 uji independen sample t-Test pada posttest Microsoft Word kelas DKV 1 (EX) dan DKV 2 (KON) Sig. (2-tailed) 0 045 mengindikasikan adanya pengaruh terhadap hasil belajar Microsoft word sedangkan pada posttest Microsoft Excel kelas DKV 1 (EX) dan DKV 2 (KON) nilai Sig (2-tailed) yaitu 0 052 mengindikasikan tidak adanya pengaruh terhadap hasil belajar Microsoft Excel. Rata-rata pada DKV 1 (EX) posttest Microsoft Word adalah 72 40 dan posttest Microsoft Excel 72 80 Kemudian nilai rata-rata kelas DKV 2 (KON) posttest Microsoft Word adalah 66 04 dan posttest Microsoft Excel adalah 67 92 yang dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas DKV 1 (EX) yang menggunakan metode pembelajaran microlearning yang terintegrasi dengan Instagram lebih tinggi dibandingkan kelas DKV (KON) yang menggunakan metode konvensional. peningkatan nilai kelas DKV 1 (EX) yang didapat sebesar 43 1% pada Microsoft Word dan sebesar 44 6% Microsoft Excel sedangkan peningkatan pada kelas DKV 2 (KON) sebesar 32 1%. Microsoft Word dan sebesar 40 9% Microsoft Excel yang dapat disimpulkan bahwa peningkatan nilai rata-rata pada kelas DKV 1 (EX) yang menggunakan metode pembelajaran microlearning yang terintegrasi dengan Instagram lebih tinggi dibandingkan kelas DKV (KON) yang menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301794

Actions (login required)

View Item View Item