Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “dasar pengembangan perangkat lunak dan gim” untuk peserta didik smk di kota malang / Patricia Bernika Tabeta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “dasar pengembangan perangkat lunak dan gim” untuk peserta didik smk di kota malang / Patricia Bernika Tabeta

Tabeta, Patricia Bernika Tabeta (2023) Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “dasar pengembangan perangkat lunak dan gim” untuk peserta didik smk di kota malang / Patricia Bernika Tabeta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi adalah payung besar zaman modern yang mencakup semua perangkat teknis untuk memproses dan mentransmisikan informasi. Peran teknologi informasi di bidang pendidikan sangatlah besar baik untuk peserta didik maupun guru. Pada data observasi awal yang dilakukan dengan penyebaran angket kepada peserta didik SMK di Kota Malang beberapa peserta didik jurusan rekayasa perangkat lunak masih menjawab ragu ragu terhadap materi pelajaran pemrograman yang telah diberikan. Media pembelajaran yang saat ini digunakan seperti Power Point (PPT) modul konvensional dan video pembelajaran yang dirasa peserta didik kurang dipahami dan menarik Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang dapat digunakan ialah dengan mengembangkan sebuah e-modul pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran pengembangan perangkat lunak dan gim untuk mengetahui kelayakan penggunaan e-modul oleh peserta didik smk negeri kota malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model 4D yang meliputi beberapa alur penelitian seperti 1) define (pendefinisian) 2) design (perancangan) 3) develop (pengembangan) 4) disseminate (penyebaran). Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini sebagai berikut 1) rancangan e-modul yang telah disusun dengan baik 2) e-modul yang telah disusun dengan baik namun masih perlu disempurnakan kembali 3) penilaian ahli media mendapatkan penilaian 90 5 % ahli materi mendapatkan penilaian 95%. Penilaian dari uji pengembangan yang dilakukan oleh peserta didik melalui respon mendapatkan nilai 88 25% dan uji validasi kelayakan mendapatkan 90 08% dengan kategori ldquo Sangat Layak rdquo . Dengan demikian produk e-modul yang kembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301793

Actions (login required)

View Item View Item