Perbedaan problem based learning dan inquiry learning melalui blended learning untuk meningkatkan critical thinking siswa SMK / Ririn Rahmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan problem based learning dan inquiry learning melalui blended learning untuk meningkatkan critical thinking siswa SMK / Ririn Rahmayanti

Rahmayanti, Ririn (2023) Perbedaan problem based learning dan inquiry learning melalui blended learning untuk meningkatkan critical thinking siswa SMK / Ririn Rahmayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia pendidikan saat ini dituntut untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan abad 21. Salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa SMK adalah keterampilan critical thinking agar siswa SMK mampu bersaing di dunia kerja dan memenuhi kebutuhannya di masa depan serta bisa menghadapi persaingan yang ketat di era globalisasi. Namun di Indonesia tingkat critical thinking siswa SMK masih tergolong rendah salah satunya yaitu di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang kelas X TJKT (Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi) yang dimana dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional yang membuat siswa kurang aktif dan antusias dalam berdiskusi maupun memecahkan suatu masalah yang diberikan guru serta enggan untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan keterampilan critical thinking. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perebdaan model Problem Based Learning melalui Blended Learning dan Inquiry Learning melalui Blended Learning untuk meningkatkan critical thinking siswa SMK. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain non-equivalent (pretest-posttest) control group design. Berdasarkan uji Paired sample t-test yang didapat dari hasil pretest dan posttest hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil critical thinking siswa pada kelas eksperimen 1 setelah diberi perlakuan model Problem Based Learning melalui Blended Learning dan siswa kelass eksperimen 2 yang menggunakan Inquiry Learning melalui Blended Learning. Kedua kelas eksperimen tersebut sama-sama efisien dalam meningkatkan critical thinking siswa. Berdasarkan uji Independent sample t-test hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil critical thinking antara siswa yang diterapkan model Problem Based Learning melalui Blended Learning dibandingkan siswa yang diterapkan model Inquiry Learning melalui Blended Learning. Berdasarkan nilai rata-rata posttest pada kedua kelas eksperimen dapat diputuskan bahwa penerapan model Problem Based melalui Blended Learning lebih efektif dibandingkan model Inquiry Learning melalui Blended Learning dalam meningkatkan critical thinking siswa SMK kelas X TJKT pada materi profesi dan kewirausahaan di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:29
Last Modified: 18 Dec 2023 06:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301792

Actions (login required)

View Item View Item