Studi resiliensi akademik bidang rekayasa perangkat lunak di smk negeri 4 malang / Mitari Wahyu Arsiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi resiliensi akademik bidang rekayasa perangkat lunak di smk negeri 4 malang / Mitari Wahyu Arsiani

Arsiani, Mitari Wahyu Arsiani (2023) Studi resiliensi akademik bidang rekayasa perangkat lunak di smk negeri 4 malang / Mitari Wahyu Arsiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sehubungan dengan kebijakan pemerintah yang membatasi pergerakan masyarakat dengan menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dikarenakan wabah Covid-19 meneybabkan banyak kepentingan umum yang terganggu. Begitu pula pada sektor pendidikan. Problematika pada bidang Pendidikan bertambah Ketika diharuskan melaksanakan pemebalajaran jarak jauh dimana saja dan kapan saja. Dari segi waktu yang fleksibel membuat siswa sulit membagi waktu dengan kegiatan lain kurangnya sarana elektronik guna menunjang pembelajaran berkurangnya presentase materi yang diserap akibat tidak bertatap muka dengan pendidik ketika melaksanakan pembelajaran. Masalah-masalah tersebut juga di alami siswa RPL di SMK Negeri 4 Malang. Tak jarang hal ini membuat siswa yang tidak dapat bertahan memilih menyerah dan tidak melanjutkan pendidikannya. Maka dari itu dilaksanakan penelitian ini dimana penelitian ini mempelajari resiliensi siswa RPL di SMK Negeri 4 Malang dalam menghadapi sutuasi pandemi Covid-19. Diharapkan dengan data yang diperoleh memberikan informasi yang dapat diterapkan guna bertahan dan bangkit dari kondisi yang sama. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan mewawancarai narasumber membagikan angket kepada narasumber dan studi dokumentasi. Narasumber yang dipilih adalah subjek yang terlibat langsung dalam belajar dan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 yaitu guru dan siswa dengan teknik snowball samping. Data akan diperiksa keabsahanya menggunakan Nvivo dengan beberapa tahap analisis data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301788

Actions (login required)

View Item View Item