Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis google sites bermuatan problem based-learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di smk / Ginanjar Bagus Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis google sites bermuatan problem based-learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di smk / Ginanjar Bagus Wijaya

Wijaya, Ginanjar Bagus Wijaya (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis google sites bermuatan problem based-learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di smk / Ginanjar Bagus Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar merupakan daya dorong baik internal maupun eksternal. Secara eksternal dapat berupa media dan metode dalam pembelajaran. Namun pemanfaatan media pembelajaran di SMK masih belum maksimal. Media oleh pendidik sering dikemas dengan sangat sederhana dan kurang menarik dalam format PPT dan PDF serta dikombinasi dengan metode mengajar TCL (Teacher Centered Learning) sehingga siswa tidak dilibatkan dalam proses pembelajaran. Permasalahan media dan metode ini mengakibatkan siswa kurang termotivasi ketika belajar muncul indikasi seperti bermain HP tidak menyimak materi dan tertidur saat pembelajaran. Berangkat dari permasalahan media dan metode peneliti mengambangkan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites bermuatan Problem-based Learning. Bukan bermaksud menawarkan produk tetapi peneliti mengacu pada data obseravasi (1) siswa lebih menyukai belajar menggunakan sistem informasi menarik (2) siswa merasa kurang dilibatkan dengan metode TCL (3) siswa merasa kurang termotivasi dengan media pembelajaran konvensional dan metode TCL. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa peneliti mengembangkan media dengan mengadopsi model ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation). Model ADDIE memiliki tahapan terstruktur serta terdapat evaluasi pada setiap tahapnya sehingga model ini dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan media dengan kategori sangat layak berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media. Pada uji coba pemakaian media mendapat kategori dua layak dan satu sangat layak. Pada uji coba produk media mendapat kategori sangat layak dengan peningkatan motivasi rata- rata 11 45% pada setiap aspek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301786

Actions (login required)

View Item View Item