Implementasi learning analytics dashboard untuk monitoring interaksi belajar siswa smk pada mata pelajaran dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim dalam online learning system / Donny Indra Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi learning analytics dashboard untuk monitoring interaksi belajar siswa smk pada mata pelajaran dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim dalam online learning system / Donny Indra Purnama

Purnama, Donny Indra Purnama (2023) Implementasi learning analytics dashboard untuk monitoring interaksi belajar siswa smk pada mata pelajaran dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim dalam online learning system / Donny Indra Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan penerapannya dalam dunia pendidikan turut meningkat yang membuatnya semakin mudah untuk diakses. Pada mayoritas Learning Management System (LMS) hanya menyediakan informasi yang terbatas untuk membantu pendidik dalam memonitor siswa. Berdasarkan hasil observasi di beberapa SMK fakta menunjukkan bahwa pada mayoritas Learning Management System (LMS) yang dimiliki oleh sekolah tidak terdapat informasi mengenai interaksi siswa dengan sistem sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran tidak terpantau dengan jelas. Learning Analytics adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengumpulkan dan mengolah data yang didapatkan dari proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan Learning Analytics Dashboard pada mata pelajaran dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim dalam Online Learning System. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hannafin and Peck dimana model ini terdiri atas tiga tahapan utama yaitu 1) Tahap analisis atau penilaian kebutuhan 2) Tahap desain dan 3) Tahap pengembangan dan implementasi yang mana pada setiap tahapan melibatkan proses evaluasi dan revisi. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang terdiri dari kuesioner ahli sistem ahli media dan pengguna kemudian skala likert akan digunakan untuk menggali persepsi pengguna kemudian data akan dianalisis menggunakan teknik kuantitatif. Penelitian menghasilkan produk LAD sebagai alat monitoring interaksi belajar siswa dalam online learning system dengan indikator durasi online frekuensi login akurasi dalam mengerjakan pertanyaan kecepatan mengerjakan pertanyaan daftar materi yang kurang dipahami dan perkembangan belajar siswa. Produk LAD mendapatkan nilai validasi ahli sistem sebesar 100% atau sangat layak nilai validasi ahli media sebesar 93% atau sangat layak dan nilai uji coba pengguna sebesar 85 20% atau sangat layak. Monitoring dalam pembelajaran daring dapat dilakukan melalui LAD. Indikator yang menjadi aspek monitoring bergantung terhadap data yang dihasilkan oleh online learning system. Gitpedia merupakan online learning system yang dapat menunjang mata pelajaran Dasar-dasar PPLG. Dapat disimpulkan bahwa Learning Analytics Dashboard dapat digunakan untuk monitoring interaksi siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar PPLG dalam online learning system dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301784

Actions (login required)

View Item View Item