Implementasi media pembelajaran gim edukasi untuk meningkatkan computational thinking pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk siswa smk / Sulthan Rafi Musyafah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi media pembelajaran gim edukasi untuk meningkatkan computational thinking pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk siswa smk / Sulthan Rafi Musyafah

Musyafah, Sulthan Rafi Musyafah (2023) Implementasi media pembelajaran gim edukasi untuk meningkatkan computational thinking pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk siswa smk / Sulthan Rafi Musyafah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi oleh guru di SMK yang mengajar di Program Keahlian PPLG adalah rendahnya minat untuk mempelajari algoritma pemrograman dasar yang dapat berimbas pada pemahaman materi yang tidak maksimal. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi pemrograman dasar dan bosan dengan media pembelajaran yang ada di sekolah serta menunjukkan bahwa peserta didik lebih tertarik dengan pembelajaran yang terintegrasi dalam sebuah gim. Pembelajaran yang berkaitan dengan pemrograman dasar memerlukan keterampilan problem solving berpikir kritis dan kemampuan berpikir komputasi yang baik. Pengembangan media pembelajaran gim bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang dapat mendukung strategi pembelajaran yang efisien dan menyenangkan dalam memahami mata pelajaran Dasar PPLG pada materi Dasar Teori C dan Dasar Algortima. Metode riset dan pengembangan media pembelajaran menggunakan model Borg amp Gall yang disederhanakan oleh Tim Pusjaklitnov. Model pengembangan dibagi menjadi lima tahap utama yakni Analisis Produk Pengembangan Validasi ahli dan revisi Uji coba kecil dan Uji coba besar. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen berupa kuesioner ahli media ahli materi lembar uji pengguna lembar uji pre-test dan uji post-test. Proses pengembangan menghasilkan media pembelajaran gim yang memiliki muatan computational thinking dan model problem-based learning dengan nilai validasi ahli materi sebesar 91 25% atau sangat layak validasi media sebesar 90 00% atau sangat layak hasil uji coba kecil sebesar 90 19% atau sangat layak hasil uji coba besar sebesar 89 16% atau sangat layak dan skor peningkatan N-gain sebesar 0 61 atau cukup efektif melalui uji pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gim mendapatkan respon sangat layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran Dasar-dasar PPLG. Media pembelajaran gim juga meningkatkan daya tarik tersendiri karena kombinasi muatan computational thinking dan game based learning dapat meningkatkan pemahaman algoritma melatih daya ingat serta memicu semangat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301780

Actions (login required)

View Item View Item