Analisis pembelajaran ubiquitous learning dalam mempersiapkan tenaga kerja pada kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di smk negeri 4 malang / Anggra Natalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pembelajaran ubiquitous learning dalam mempersiapkan tenaga kerja pada kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di smk negeri 4 malang / Anggra Natalia

Natalia, Anggra Natalia (2023) Analisis pembelajaran ubiquitous learning dalam mempersiapkan tenaga kerja pada kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di smk negeri 4 malang / Anggra Natalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Virus corona pertama kali muncul di Kota Wuhan Provinsi Hubei China pada akhir tahun 2019. Virus Covid-19 terdeteksi masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020 dan terus berkembang hingga banyak orang yang terjangkit. Pemerintah terus berupaya untuk menekan jumlah penyebaran virus Covid-19 salah satunya dengan membatasi interaksi yang ada di sekolah. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk semua sekolah yang ada di Indonesia untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh. Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran jarak jauh adalah SMK Negeri 4 Malang. SMK Negeri 4 Malang adalah sekolah yang akan mencetak tenaga kerja di suatu bidang tertentu dan memiliki beberapa kompetensi keahlian salah satunya adalah Kompetensi Keahlian RPL. Penerapan pembelajaran jarak jauh di SMK Negeri 4 Malang menggunakan konsep pembelajaran ubiquitous learning. Setelah dilakukan beberapa kali observasi maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran ubiquitous learning mengalami ketidakberhasilan sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran ubiquitous learning menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex-post facto kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan ubiquitous learning. Informan pada penelitian ini adalah siswa dan guru Kompetensi Keahlian RPL SMK Negeri 4 Malang dengan teknik snowball sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diambil langsung dari pihak pertama dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara angket dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan Nvivo dengan beberapa tahapan analisis data. Dari hasil penelitian yang dilakukan penerapan pembelajaran ubiquitous learning di SMKN 4 Malang mengalami learning loss yaitu penurunan dari segi karakter siswa dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Selain itu tingkat pemahaman siswa juga menurun baik dari segi pemaham praktikum maupun teori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301779

Actions (login required)

View Item View Item