Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas x dkv di smkn 4 malang / Lailatul Islamia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas x dkv di smkn 4 malang / Lailatul Islamia

Islamia, Lailatul Islamia (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas x dkv di smkn 4 malang / Lailatul Islamia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan berperan penting dan signifikan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dalam konteks pembangunan nasional. Strategi untuk meningkatkan kualitas SDM yaitu salah satunya adalah dengan fokus pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu kurangnya pemahaman guru dalam merancang strategi pembelajaran dan pemilihan model pembelarajan yang kurang sesuai. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran menjadi tidak optimal sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif mata pelajaran informatika siswa kelas X DKV di SMKN 4 Malang. Jenis metode penelitian yang digunakan di penelitian ini yaitu pre-experimental design (nondesigns) dalam bentuk one-group pretest-posttest design yaitu hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas berupa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DKV A di SMKN 4 Malang dengan jumlah 35 siswa. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji Paired Sample T-Test untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran informatika siswa kelas X DKV A setelah diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mendapatkan nilai dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapat model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas X DKV di SMKN 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301778

Actions (login required)

View Item View Item