Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan discovery learning untuk meningkatkan minat belajar dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi siswa smk / Prisma Rizki Mardiani Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan discovery learning untuk meningkatkan minat belajar dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi siswa smk / Prisma Rizki Mardiani Putri

Putri, Prisma Rizki Mardiani Putri (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan discovery learning untuk meningkatkan minat belajar dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi siswa smk / Prisma Rizki Mardiani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Prisma Rizki Mardiani. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bermuatan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Siswa SMK. Skripsi Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Azhar Ahmad Smaragdina S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Minat Belajar TJKT Discovery Learning Media Pembelajaran Interaktif Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang diperuntukan dalam membantu guru selama berjalannya pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran juga berperan untuk menunjang kualitas dalam proses pembelajaran. Saat ini banyak pendidik masih menggunakan media pembelajaran yang cenderung bersifat pasif dan memiliki sedikit interaksi. Dengan adanya media pembelajaran yang masih pasif membuat para siswa enggan untuk melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu media pembelajaran yang interaktif diperlukan sehingga peserta didik lebih berminat untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan adanya penelitian pengembangan ini ialah untuk menciptakan media pembelajaran interaktif serta dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Selain itu penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mencari tahu kelayakan media pembelajaran interaktif. Serta menganalisis minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Metode penelitian dan pengembangan yang diimplementasikan pada penelitian ini memanfaatkan model 4D dengan 4 tahapan diantaranya adalah 1) Pendefisian (define) 2) Perancangan (design) 3) Pengembangan (develop) 4) Penyebaran (disseminate). Pendefinisian dilakukan dengan pengumpulan data yang dibutuhkan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif dilanjut dengan pengembangan produk sesuai kebutuhan dan terakhir adalah penyebaran media pembelajaran interaktif pada siswa SMK. Penelitian dan pengembangan yang sudah dilaksanakan mendapatkan hasil dimana poduk media pembelajaran berbentuk website yang dapat diakses secara online. Produk ini mendapatkan penilaian sangat layak oleh ahli media dengan nilai 89 09%. Penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan nilai 93 33% yang termasuk kategori sangat layak. Pengujian kelompok kecil mendapatkan nilai 88 40% yang termasuk kategori sangat layak. Pengujian kelompok besar memperoleh nilai 91 41% yang masuk dalam kriteria sangat layak. Untuk peningkatan minat belajar mendapatkan nilai sebesar 29 25. Setelah menggunakan produk media pembelajaran mendapatkan nilai sebesar 43 86. Dimana minat belajar mengalami peningkatan setelah menggunakan produk yang telah dikembangkan dengan nilai gain sebesar 0 70. Dengan hasil yang telah diperoleh maka tujuan dari dikembangkannya media pembelajaran interaktif ini telah tercapai. Tujuan tersebut adalah mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif bermuatan Discovery Learing untuk meningkatkan minat belajar Dasar ndash Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi siswa SMK. Serta menganalisis minat belajar peserta didik SMK mata pelajaran Dasar ndash Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi yang menggunakan media pembelajaran interaktif bermuatan Discovery Learning. Kedepannya diharapkan produk ini dapat disebarkan lebih luas dan dimanfaatkan oleh pendidik pada peserta didik selama pembelajaran. Selain itu ditambahkan dengan materi ndash materi yang memiliki relevansi tinggi dan fitur ndash fitur yang sesuai kebutuhan dan perkembangan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301777

Actions (login required)

View Item View Item