Implementasi lkpd berbasis pbl untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemrograman dasar kelas x tkj smk negeri 3 malang / Anggita Ajeng Karina - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi lkpd berbasis pbl untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemrograman dasar kelas x tkj smk negeri 3 malang / Anggita Ajeng Karina

Karina, Anggita Ajeng Karina (2023) Implementasi lkpd berbasis pbl untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemrograman dasar kelas x tkj smk negeri 3 malang / Anggita Ajeng Karina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yang dapat diukur dalam bentuk peningkatan pengetahuan sikap dan keterampilan. LKPD merupakan bahan ajar dilengkapi dengan panduan kegiatan secara runtut dan terarah yang mampu membimbing siswa dalam penemuan konsep materi. PBL adalah model pembelajaran berpusat pada siswa yang berfokus pada pemecahan masalah. LKPD berbasis PBL artinya langkah kegiatan pembelajaran pada LKPD disesuaikan dengan sintak PBL yang berfokus pada pemecahan masalah. Inti permasalahan yang ada pada kelas X TKJ SMK Negeri 3 Malang yang didapatkan melalui observasi mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi pemrograman dasar. Hal tersebut disebabkan karena pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah yang monoton dan belum didukung dengan bahan ajar yang dapat dijadikan pedoman untuk menghidupkan aktivitas siswa selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pemrograman dasar kelas X TKJ SMK Negeri 3 Malang dan (2) untuk mengetahui apakah penerapan LKPD berbasis PBL sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pemrograman dasar kelas X TKJ SMKN 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu tipe Noun-Equivalent Control Group Pretest-Posttest dengan melibatkan dua kelas berupa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi yang diuji terlebih dahulu melalui uji keterbacaan instrumen uji validitas butir soal dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas paired sample t test dan independent sample t test. Dari hasil paired sample t test terhadap nilai pretest-postest kedua kelas menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari rerata hasil pretest dengan posttest dari kedua kelas sehingga dapat dikatakan proses pembelajaran tersebut efisien dalam meningkatkan hasil belajar. Sedangkan dari hasil independent sample t test terhadap nilai posttest kedua kelas diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0 011 lt 0 05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan rerata hasil belajar antar kedua kelas. Besar perbedaan yang dihasilkan dilihat dari rerata nilai posttest kedua kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 81 88 lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 75 20. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis PBL lebih efektif daripada pembelajaran yang tidak menggunakan LKPD berbasis PBL dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi pemrograman dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301776

Actions (login required)

View Item View Item