Media pembelajaran berbasis mobile menggunakan pendekatan open ended learning untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pemrogrmanan dasar smk kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak / Hanan Taqiyuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran berbasis mobile menggunakan pendekatan open ended learning untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pemrogrmanan dasar smk kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak / Hanan Taqiyuddin

Taqiyuddin, Hanan Taqiyuddin (2023) Media pembelajaran berbasis mobile menggunakan pendekatan open ended learning untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pemrogrmanan dasar smk kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak / Hanan Taqiyuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman pada masa sekarang memiliki kemudahan dalam mengakses informasi yang menjadi tantangan bagi peserta didik. Salah satu bentuk perkembangan zaman yaitu penggunaan smartphone dimana smartphone ini dapat dipakai oleh peserta didik dalam mengakses sumber belajar untuk membantu proses pembelajaran . Akses sumber belajar dalam kondisi perkembangan teknologi saat ini sangatlah luas dimana peserta didik dapat mengakses melalui internet dimanapun dan kapanpun hal ini dapat dikaitkan dengan survei yang dilakukan oleh badan litbang SDM kominfo mengenai tingkat persentase penggunaan internet sudah mencapai angka 36 1% untuk belajar dan untuk pencarian informasi mencapai 61 01%. Hasil observasi menyatakan bahwa pengajar masih memberikan materi tentang materi pemrograman dasar menggunakan media lembar kerja media presentasi power point modul belajar dan media berbasis LMS. Permasalahan tentang media yang digunakan pengajar pada sub kompetensi pemrograman dasar dan kurangnya minat serta motivasi belajar peserta didik. Hal ini disebabkan kurangnya jam mata pelajaran pemrograman dasar dan praktik untuk mengasah kemampuan setiap peserta didik. Permasalahan lainnya adalah media yang digunakan pengajar masih berfokus pada penyampain tulisan teks saja dan materi secara verbal hal tersebut menjadi penyebab beberapa peserta didik kurang memahami materi yang diberikan. Penelitian ini memanfaatkan penggunaan smartphone ini untuk merancang sebuah media pembelajaran berbasis mobile menggunakan metode pengembangan Design Thinking untuk mengetahui kelayakan aplikasi media pembelajaran pada materi pemrograman dasar menggunakan pendekatan Open Ended Learning dan untuk mengetahui tingkat minat belajar peserta didik SMK kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dengan mengunakan skala Likert 4 dan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada ahli media ahli materi uji kelompok kecil dan uji lapangan. Dengan harapan yang ingin dicapai adalah media pembelajaran ini memberikan pengalaman yang baik terhadap pengguna. Kesimpulan yang didapatkan pada uji validasi ahli media menghasilkan nilai rata-rata persentase 84 7 persen dan pada uji validasi ahli materi menghasilkan nilai rata-rata persentase 85 00 persen . Pada kelompok kecil menghasilkan skala tertinggi pada stimulasi dengan rata-rata 1 95 dan skala terkecil pada kebaruan dengan rata-rata 1 28. Pada uji lapangan menghasilkan skala tertinggi pada stimulasi dengan rata-rata 2 01 dan skala terkecil pada kebaruan dengan rata-rata 1 47. Dan uji tingkat minat menghasilkan nilai rata-rata 80 68 yang merupakan kategori minat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301774

Actions (login required)

View Item View Item