Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru pada mahasiswa asistensi mengajar terhadap minat menjadi guru tik dan kesiapan mengajar bagi mahasiswa pendidikan teknik informatika universitas negeri malang / Umi Lailatul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru pada mahasiswa asistensi mengajar terhadap minat menjadi guru tik dan kesiapan mengajar bagi mahasiswa pendidikan teknik informatika universitas negeri malang / Umi Lailatul Khasanah

Khasanah, Umi Lailatul Khasanah (2023) Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru pada mahasiswa asistensi mengajar terhadap minat menjadi guru tik dan kesiapan mengajar bagi mahasiswa pendidikan teknik informatika universitas negeri malang / Umi Lailatul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesiapan mengajar merupakan kesiapsiagaan guru dalam pembelajaran yang berkaitan dengan bagaimana guru menyiapkan peserta didik dalam melakukan pembelajaran. Minat menjadi guru TIK adalah atau ketertarikan yang ada dalam diri mahasiswa dan menimbulkan dorongan atau motivasi yang kuah untuk mendalami dan menjadikan guru TIK sebagai profesi profesional dalam pekerjaan. Di satuan pendidikan formal asistensi mengajar adalah jenis kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing. Program Asistensi Mengajar diciptakan untuk menjadi sebuah wadah mahasiswa pendidikan dalam mengasah kemampuan mengajarnya dan mengembangkan kapabilitasnya melalui pengembangan dan implementasi kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkapkan pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap minat menjadi guru TIK dan kesiapan mengajar (2) mengungkapkan pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap minat menjadi guru TIK dan kesiapan mengajar (3) mengungkapkan pengaruh minat menjadi guru TIK terhadap kesiapan mengajar (4) mengungkapkan pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap kesiapan mengajar melalui variabel intervening minat menjadi guru. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif ex-post facto menggunakan teknik SEM-PLS. penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa Asistensi Mengajar Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Angkatan 2019 Universitas Negeri Malang dengan total responden sejumlah 74 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket berupa kuisioner yang sudah diuji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji inner model dan outer model. Semua uji yang dilakukan menggunakan bantuan software SmartPLS 3. Analisis data menunjukkan bahwa minat menjadi guru TIK dipengaruhi oleh kompetensi profesional guru. Kompetensi pedagogik berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan mengajar. Minat menjadi guru TIK juga berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan mengajar. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada korelasi signifikan antara kompetensi pedagogis dengan minat guru TIK dan kesiapan mengajar. Hal ini memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai adanya faktor-faktor lain yang berkontribusi selain kompetensi pedagogik dan profesional guru. Penelitian ini memberikan wawasan yang lebih baik mengenai pentingnya minat menjadi guru TIK dan kompetensi pedagogik dalam mempersiapkan seorang guru untuk menjadi profesional yang siap menghadapi tantangan dalam mengajar TIK. Selain itu temuan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap minat menjadi guru TIK menunjukkan bahwa guru yang memiliki kompetensi yang baik dalam bidang TIK dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi calon guru TIK lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301773

Actions (login required)

View Item View Item