Pengembangan e-modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran informatika untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa kelas x sman 6 malang / Nabilla Husna Maftuhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran informatika untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa kelas x sman 6 malang / Nabilla Husna Maftuhah

Maftuhah, Nabilla Husna Maftuhah (2023) Pengembangan e-modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran informatika untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa kelas x sman 6 malang / Nabilla Husna Maftuhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada jenjang SMA dalam kurikulum merdeka belajar terdapat perubahan pada mata pelajaran informatika yang menjadi mata pelajaran wajib. Berdasarkan hasil wawancara di SMAN 6 Malang guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran informatika karena input siswa tahun ini merupakan lulusan pandemi sehingga secara dasar-dasar dalam mata pelajaran Informatika cukup rendah. Selain itu siswa masih mengalami kesulitan pada mata pelajaran Informatika dikarenakan pada SMP pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tidak berjalan maksimal karena pandemi kemudian tidak semua SMP mengajarkan mata pelajaran TIK. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan kelayakan dan tingkat minat belajar siswa setelah menggunakan E-Modul berbasis problem based learning yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) define (2) design (3) develop dan (4) disseminate. Uji coba pengembangan terdiri validasi ahli oleh ahli materi yang melibatkan guru mata pelajaran informatika dan ahli media melibatkan dosen Departemen Teknik Elektro dan Informatika serta uji coba lapangan oleh siswa yang telah menempuh mata pelajaran informatika pada elemen algoritma dan pemrograman. Uji coba lapangan dilakukan sebanyak dua tahap yaitu uji coba lapangan kelompok kecil dan besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument kuisioner yang terdiri dari angket validasi ahli materi ahli media dan siswa dengan menggunakan skala likert. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa E-Modul berbasis problem based learning yang dapat diakses mengggunakan link dengan smartphone atau komputer yang terhubung dengan koneksi internet dengan memperoleh persentase sebesar 89 23% dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 90 33% dari ahli media memperoleh persentase sebesar 87 38% dari uji coba kelompok kecil dan memperoleh persentase sebesar 89 08% dari uji coba kelompok besar. Sedangkan hasil uji minat belajar siswa setelah menggunakan E-Modul memperoleh persentase sebesar 82 79% dengan kategori minat belajar siswa sangat tinggi. E-Modul yang menarik dapat mengetahui tingkat minat siswa dalam belajar terlebih pada mata pelajaran informatika pada elemen algoritma dan pemrograman yang merupakan mata pelajaran baru dalam kurikulum merdeka. Tampilan media merupakan salah satu aspek yang memperoleh persentase tinggi pada uji kelayakan dan hal tersebut mempengaruhi minat belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis problem based learning dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan kategori tingkat minat belajar siswa sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301772

Actions (login required)

View Item View Item