Pengembangan e-modul bermuatan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas xii teknik komputer jaringan smk negeri 1 blitar / Ika Vatim Nurhidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul bermuatan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas xii teknik komputer jaringan smk negeri 1 blitar / Ika Vatim Nurhidayah

Nurhidayah, Ika Vatim Nurhidayah (2023) Pengembangan e-modul bermuatan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas xii teknik komputer jaringan smk negeri 1 blitar / Ika Vatim Nurhidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya ketersediaan media penelaahan khususnya mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan menjadi penyebab kurangnya motivasi belajar siswa bagi mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan khususnya bagi kelas XII Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Blitar Penelitian bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan mengpenerapan hasil rancangan Modul elektronik bermuatan model penelaahan problem based learning bagi mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XII TKJ di SMK Negeri 1 Blitar. Guna melihat siswa terhadap pengembangan Modul elektronik berbentuk model penelaahan problem based learning bagi mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan bagi kelas XII TKJ di SMK Negeri 1 Blitar. Model penelaahan yang diterapkan dalam pengembangan modul elektronik ini yakni model penelaahan problem based learning . Bagi jenis penelitian yang dipakai yakni penelitian dan pengembangan ( Research dan Development) dengan model pengembangan ADDIE Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Blitar tahun ajaran 2021/2022. Untuk respon siswa terhadap Modul elektronik administrasi nfrastruktur jaringan diperoleh dengan memakai metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 86% yaitu dibisakan dari uji kelompok kecil terhadap pemakaian modul elektronik dengan 10 responden setelah itu untuk uji kelompok besar pemakaian modul elektronik menunjukkan hasil 86% dengan 30 responden. Kemudian untuk hasil penelitian motivasi belajar bisa dilihat berlandaskan uji N-Gain score menunjukkan hasil 91 96 sebelum adanya modul elektronik Administrasi Infrastruktur Jaringan yang mana siswa bagi proses penelaahan kurang antusias dan kurang motivasi di kelas Selanjutnya berlandaskan hasil uji motivasi dengan 60 responden setelah modul elektronik Administrasi Infrastruktur Jaringan bermuatan Problem Based Learning dikasih nilai skor 103 5 maka setelah di rata- rata bagi nilai Gain menunjukkan skor 5 2 yang berarti sedang maka bisa dinyatakan bahwa motivasi belajar siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Blitar meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301770

Actions (login required)

View Item View Item