Persepsi pelanggan televisi satelit astro terhadap bauran promosi (studi pada pelanggan televisi satelit astro di Kota Malang) / Achmad Zubaidi

Achmad Zubaidi (2008) Persepsi pelanggan televisi satelit astro terhadap bauran promosi (studi pada pelanggan televisi satelit astro di Kota Malang) / Achmad Zubaidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan memiliki tujuan yaitu untuk tetap hidup dan berkembang. Adapun tujuan tersebut dijabarkan dalam bentuk program jangka panjang dan jangka pendek. Sedangkan tujuan utama dari perusahaan adalah mencapai laba yang optimal. Salah satu cara untuk mendapatkan laba yang optimal. Untuk menciptakan pelayanan yang baik, Astro sebagai salah satu badan usaha yang bergerak dibidang elektronik khususnya program televisi telah melakukan beberapa strategi bauran promosi. Dapat dikatakan bahwa Astro di Kota Malang telah berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan semakin luasnya daerah pemasaran Astro di wilayah Malang dan kepercayaan masyarakat terhadap Astro sebagai penyajian program acara televisi baik dalam negeri maupun luar negeri. Kenyataan tersebut juga diduga karena beberapa bauran promosi yang dilakukan oleh Astro di Kota Malang selama ini telah berhasil menjadikan persepsi pelanggan untuk berlangganan televisi satelit Astro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pelanggan televisi satelit Astro terhadap bauran promosi secara parsial. Disamping itu juga untuk mencari unsur bauran promosi yang dominan dalam berlangganan televisi satelit Astro di Kota Malang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari periklanan , promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan dan pemasaran langsung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini diambil mulai bulan Oktober 2006 sampai dengan bulan Oktober 2007 yang berjumlah 1000 orang dan sampel yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling atau sampel acak dimana dengan teknik ini peneliti dapat secara acak mengambil sampel yang tersebar 5 kecamatan di Kota Malang, sedangkan untuk menentukan jumlah distribusi tiap area digunakan teknik proportional sample. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa prosentase untuk periklanan sebesar 44%, promosi penjualan sebesar 82%, hubungan masyarakat sebesar 69%, penjualan perseorangan sebesar 46% dan pemasaran langsung sebesar 52%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi pelanggan televisi satelit Astro terhadap bauran promosi yang meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan dan pemasaran langsung adalah positif atau baik. Diketahui pula bahwa unsur bauran promosi yang paling dominan adalah unsur promosi penjualan. Selain itu, disarankan agar pihak Astro Pihak Astro hendaknya lebih memperhatikan dan meningkatkan pelaksanaan hubungan masyarakat terutama dalam kegiatan sponsorship seperti menjadi sponsor dari suatu event/ kegiatan baik yang dilaksanakan oleh lembaga/ instansi maupun masyarakat umum/ sosial, karena sampai saat ini Astro di Kota Malang belum pernah melakukan kegiatan sponsorship tersebut, tetap mempertahankan dan berusaha untuk meningkatkan promosi penjualannya misalnya tetap memberikan potongan harga/ diskon baik kepada konsumen yang berlangganan maupun kepada konsumen atau pelanggan baru yang berlangganan televisi satelit Astro di Kota Malang, tetap mengadakan kuis dan undian berhadiah yang berupa tambahan program televisi, serta tetap melakukan pameran setiap bulan baik di Matos, Matahari, dan Expo elektronik karena menurut hasil dalam penelitian ini promosi penjualan merupakan salah satu unsur bauran promosi paling dominan dibandingkan dengan unsur bauran promosi yang lainnya, artinya mayoritas pelanggan sangat setuju terhadap pelaksanaan promosi penjualan yang dilakukan oleh televisi satelit Astro, Perlu dilakukan penelitian oleh pengelola Astro atau peneliti lain mengenai faktor-faktor lain selain faktor bauran promosi misalnya mengenai harga, produk, serta lokasi dari Astro itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30177

Actions (login required)

View Item View Item