Pengembangan e-modul interaktif berbasis mobile pada mata pelajaran informatika sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x di smk widyagama malang / Pamungkas Putro Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul interaktif berbasis mobile pada mata pelajaran informatika sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x di smk widyagama malang / Pamungkas Putro Wicaksono

Wicaksono, Pamungkas Putro Wicaksono (2023) Pengembangan e-modul interaktif berbasis mobile pada mata pelajaran informatika sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x di smk widyagama malang / Pamungkas Putro Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi pada era digital saat ini sudah sangat berkembang dengan pesat. Terutama pada bidang pendidikan. Melalui pemanfaatan penggunaan teknologi yang telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 diharapkan dapat mengembangkan sebuah bahan ajar untuk menunjang pembelajaran yang modern. Bahan ajar dalam pembelajaran yang modern relevan dengan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Informatika. Mata Pelajaran Informatika merupakan kelompok Mata Pelajaran Kejuruan kelas X di SMK Widyagama Malang. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan produk berupa aplikasi mobile E-Modul sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran kemudian produk diujicobakan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifannya sebagai alternatif media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis Design Development Implementation and Evaluation. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas X di SMK Widyagama Malang yang sedang atau telah menempuh mata pelajaran Informatika. Intrumen dalam mengukur tingkat kelayakan media diadaptasi dari Wahono. Sedangkan instrumen untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa pada penelitian ini diadaptasi dari Keller dengan 4 aspek yaitu Attention Relevance Confidence dan Satisfaction. Hasil dari validasi dan uji coba diperoleh data sebagai berikut (1) Ahli media dengan hasil persentase sebesar 90 97% (2) Ahli materi dengan hasil persentase sebesar 94 71% (3) Uji coba kelompok kecil dengan hasil persentase sebesar 87 86% (4) Uji coba kelompok besar dengan hasil persentase sebesar 89 71% (5) Pre-Test motivasi belajar siswa dengan hasil persentase sebesar 60 45% dan (6) Post-Test motivasi belajar siswa dengan hasil persentase sebesar 85 82%. Pada pengukuran tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran E-Modul menunjukkan peningkatan pada motivasi belajar siswa sebesar 25 37%. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh yaitu E-Modul interaktif berbasis mobile untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran Informatika siswa kelas X di SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301768

Actions (login required)

View Item View Item