Media pembelajaran interaktif berbasis project based learning untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D siswa kelas XI SMK program Keahlian Multimedia / Adaniar Rizqy Diantury</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran interaktif berbasis project based learning untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D siswa kelas XI SMK program Keahlian Multimedia / Adaniar Rizqy Diantury</p>

Diantury, Adaniar Rizqy (2023) Media pembelajaran interaktif berbasis project based learning untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D siswa kelas XI SMK program Keahlian Multimedia / Adaniar Rizqy Diantury</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Animasi 2D dan 3D salah satu mata pelajaran produktif multimedia yang membutuhkan konsep dan teknik pemahaman ekstra oleh sebab itu peserta didik harus mempunyai pemahaman kognitif terkait kompetensi dasar yang digunakan sebagai pembelajaran sekaligus memberi ruang guru untuk menciptakan variasi media untuk kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara media yang digunakan kurang menunjang dalam memahami materi secara detail dan menyeluruh perlu dikembangkan untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan meningkatkan minat belajar. Media interaktif merupakan salah satu media pembelajaran menarik yang berisi materi ditunjang dengan video gambar kuis dan e-modul sehingga peserta didik dapat merespon secara cepat. Tujuan dari pengembangan ini untuk memberikan opsi media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan oleh guru produktif untuk pembelajaran Animasi 2D dan 3D mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan produk dalam meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Animasi 2D dan 3D menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Metode penelitian yang akan digunakan dalam pengembangan ini adalah metode 4-D (Four D). Pengembangan media menghasilkan fitur berupa 1) Materi 2) Video amp project 4) Kuis 5) Sumber belajar 6) Petunjuk Pemakaian dan 7) Profil. Hasil yang didapat dari validasi ahli materi sebesar 83 33% dengan kualifikasi ldquo sangat layak rdquo ahli media nilai sebesar 86 90% dengan kualifikasi ldquo sangat layak rdquo . Hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 85 24% dengan kualifikasi ldquo sangat layak rdquo dan uji coba kelompok besar diperoleh nilai sebesar 88 87% dengan kualifikasi ldquo sangat layak rdquo . Minat belajar peserta didik menunjukkan hasil kenaikan sebesar 12 11% dengan kategori sangat tinggi diperoleh dari nilai pre test sebesar 75 31% dengan kategori ldquo sangat tinggi rdquo dan post test sebesar 87 42% dengan kategori ldquo sangat tinggi rdquo . Hal tersebut menunjukkan bahwa media LeMas dapat meningkatkan minat belajar peserta didik jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301766

Actions (login required)

View Item View Item