Pengaruh intensitas bermain game mobile online terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika / Neo Ordikla Priawibawa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intensitas bermain game mobile online terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika / Neo Ordikla Priawibawa</p>

Priawibawa, Neo Ordikla (2023) Pengaruh intensitas bermain game mobile online terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika / Neo Ordikla Priawibawa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bermain game mobile pada rentan waktu 2020 sampai 2023 sudah menjadi aktivitas yang wajar di kalangan masyarakat khususnya para remaja yang sedang menempuh pendidikan di jenjang SMK. Para remaja lebih memilih bermain game mobile online daripada bermain di luar karena game mobile online tidak di haruskan bertemu secara tatap muka sehingga tidak lagi dibatasi oleh tempat jarak dan waktu. Namun pengaruh perkembangan teknologi juga ada efek negatif yang ditimbulkan khususnya remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Dalam menentukan keberhasilan hasil belajar kebanyakan dinilai dari nilai pelajaran yang di dapat di sekolah dari situlah minat belajar menjadi hal yang berpengaruh terhadap proses belajar siswa SMK Negeri 1 Trenggalek. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui intensitas bermain game mobile onlina siswa kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek (2) untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek (3) untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game mobile online terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek. Rancangan penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu intensitas bermain game mobile online dan variabel terikat yaitu minat belajar siswa sehingga dinyatakan dalam sebuah hipotesis yaitu adanya pengaruh intensitas bermain game mobile online terhadap minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program studi desain komunikasi visual SMK Negeri 1 Trenggalek dengan total 105 siswa sedangkan sampel yang diambil sebanyak 26 siswa. Sumber Data penelitian menggunakan metode primer dengan mengisi kuisioner dan dokumentansi. Analisis data dalam penelitian terdiri dari uji instrumen penelitian uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) Intensitas bermain game mobile online siswa kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek memiliki tingkat klasifikasi yang cukup tinggi sehingga hal ini dapat dikatakan bahwa siswa memiliki intensitas bermain game mobile online yang cukup tinggi (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek memiliki tingkat klasifikasi yang cukup tinggi sehingga hal ini dapat dikatakan bahwa siswa memiliki minat belajar pada mata pelajaran informatika yang cukup tinggi (3) intensitas bermain game mobile online berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika sehingga hal ini dapat dikatakan bahwa semakin tinggi intensitas bermain game mobile online maka semakin tinggi pula minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika dan adanya minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika dipengaruhi karena adanya faktor intensitas bermain game mobile online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301757

Actions (login required)

View Item View Item