Implementasi model project based learning pada dasar program keahlian elemen profesi dan kewirausahaan serta peluang usaha di bidang perangkat lunak dan gim untuk meningkatkan literasi digital dan karakter pelajar pancasila / ALFEINA ZAKKYA MERIATAMI - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model project based learning pada dasar program keahlian elemen profesi dan kewirausahaan serta peluang usaha di bidang perangkat lunak dan gim untuk meningkatkan literasi digital dan karakter pelajar pancasila / ALFEINA ZAKKYA MERIATAMI

Meriatami, Alfeina Zakkya Meriatami (2023) Implementasi model project based learning pada dasar program keahlian elemen profesi dan kewirausahaan serta peluang usaha di bidang perangkat lunak dan gim untuk meningkatkan literasi digital dan karakter pelajar pancasila / ALFEINA ZAKKYA MERIATAMI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Meriatami Alfeina Zakkya.2023. Implementasi Model Project Based Learning pada Dasar Program Keahlian Elemen Profesi dan Kewirausahaan serta Peluang Usaha di Bidang Perangkat Lunak dan Gim untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Karakter Pelajar Pancasila. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Project Based Learning Literasi Digital Karakter Pelajar Pancasila Observasi yang telah dilakukan pada saat akan melaksanakan penelitian di kelas X RPL B SMK Negeri 1 Jenangan menghasilkan penemuan bahwa rerata kondisi peserta didik kurang dalam kemauan membaca instruksi yang diberikan kurang dalam kemauan mencari info terlebih dahulu dari istilah-istilah atau maksud suatu sebelum bertanya kepada guru dan teman kemampuan literasi digital yang masih kurang peserta didik memiliki sikap yang kurang bisa tanggap terhadap keadaaan dan kepedulian terhadap sesama dan diketahui bahwa sikap peserta didik kepada guru masih kurang menghargai yang menandakan belum terwujudnya karakter pelajar Pancasila. Berdasarkan uraian tersebut maka diperlukan perbaikan dalam proses belajar peserta didik dengan menanamkan karakter pelajar Pancasila pada model pembelajaran Project Based Learning. Menerapkan pembelajaran yang demikian tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi digital dan karakter pelajar Pancasila di kelas X RPL B SMK Negeri 1 Jenangan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship) serta peluang usaha di bidang industri perangkat lunak dan gim. Pembelajaran dalam proses penelitian dilaksanakan dalam 4 pertemuan selama 5 jam pelajaran di setiap pertemuan. Subjek yang diteliti dalam proses penelitian terdiri dari 36 peserta didik kelas X RPL B semester genap tahun ajaran 2022/2023. Data penelitian yang diperoleh merupakan hasil literasi digital dan karakter pelajar Pancasila. Hasil tersebut diukur berdasarkan skor hasil observasi di setiap siklus. Hasil penelitian diukur berdasarkan skor angket refleksi diri peserta didik dan penilaian teman sekelompok. Kesimpulan dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan yaitu berhasil meningkatkan literasi digital sebesar 14 75% dan karakter pelajar Pancasila meningkat sebesar 10 07% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301754

Actions (login required)

View Item View Item