Pengembangan mobile learning berbasis gamifikasi dan problem based learning guna meningkatkan motivasi belajar pemodelan perangkat lunak siswa smk / Muhammad Ridho Rifansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning berbasis gamifikasi dan problem based learning guna meningkatkan motivasi belajar pemodelan perangkat lunak siswa smk / Muhammad Ridho Rifansah

Rifansah, Muhammad Ridho Rifansah (2023) Pengembangan mobile learning berbasis gamifikasi dan problem based learning guna meningkatkan motivasi belajar pemodelan perangkat lunak siswa smk / Muhammad Ridho Rifansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Generasi Z cenderung menggunakan perangkat mobile untuk belajar yang dapat berdampak positif pada perkembangan afektif kognitif metakognitif dan sosial budaya siswa. Namun pandemi COVID-19 telah mengubah pendidikan dari daring ke luring menyebabkan siswa menjadi pasif kurang kreatif dan mengalami penurunan motivasi belajar. Media pembelajaran saat ini sering terbatas pada slide PowerPoint atau penjelasan tatap muka yang membuat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tertentu seperti pemodelan perangkat lunak menjadi kurang. Oleh karena itu diperlukan Pengembangan Mobile Learning Berbasis Gamifikasi dan Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari pemodelan perangkat lunak. Penelitian ini mengembangkan Mobile Learning berbasis gamifikasi dan Problem Based Learning dengan menerapkan model Iterasi Siklus Desain Edukasi Sistematis (ISDES) oleh Tjeerd Plomp. Tahapannya meliputi analisis desain dan pengembangan serta evaluasi. Uji kelayakan dilakukan dengan melibatkan uji ahli materi ahli media dan uji siswa pada kelompok kecil (10 siswa) dan uji lapangan (24 siswa) dengan waktu dan responden yang berbeda untuk uji media dan motivasi. Aspek penilaian media menggunakan Gameful Experience Questionnaire yang telah dimodifikasi sementara aspek penilaian materi mengacu pada Patria (2015) dan Surya (2008) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Penilaian motivasi siswa didasarkan pada Su dan Cheng (2015). Teknik analisis melibatkan analisis kuantitatif untuk data numerik dalam jumlah besar menggunakan rumus-rumus statistika dan analisis kualitatif untuk data berupa kalimat atau kata. Pengumpulan data kuantitatif melibatkan observasi dan penyebaran angket sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara dengan subjek uji coba serta komentar ahli media dan ahli materi terkait kelayakan produk. Hasil analisis kelayakan media pembelajaran Validasi ahli materi 93 10% (kategori sangat layak) Validasi ahli media 95 36% (kategori sangat layak). Uji media pada kelompok kecil 84% (kategori layak) dan uji lapangan 86% (kategori sangat layak). Peningkatan tingkat uji motivasi Uji skala kecil 0 63% amp uji skala besar 0 56% (peningkatan tinggi motivasi belajar). Penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran Brainboost Academy untuk siswa SMK pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak. Aplikasi ini memiliki fitur kelas pencapaian QnA misi dan leaderboard dan terbukti sangat layak digunakan dengan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini memberikan landasan untuk penelitian mendatang dalam pengembangan mobile learning berbasis gamifikasi dan Problem Based Learning di bidang pendidikan. Penelitian selanjutnya dapat fokus pada pengaruh metode ini terhadap prestasi akademik siswa termasuk pengukuran kinerja pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Dengan terus menggali dan meningkatkan penggunaan mobile learning berbasis gamifikasi dan Problem Based Learning pendidikan dapat lebih adaptif interaktif dan menginspirasi siswa untuk belajar dengan antusias dan produktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301753

Actions (login required)

View Item View Item