Media pembelajaran berbasis website interaktif bermuatan model problem based learning untuk meningkatkan minat belajar dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim siswa smk / Andrian Rachmat - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran berbasis website interaktif bermuatan model problem based learning untuk meningkatkan minat belajar dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim siswa smk / Andrian Rachmat

Rachmat, Andrian Rachmat (2023) Media pembelajaran berbasis website interaktif bermuatan model problem based learning untuk meningkatkan minat belajar dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim siswa smk / Andrian Rachmat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat pada proses pembelajaran mewajibkan guru mampu beradaptasi dengan teknologi untuk proses pembelajaran. Pelajaran Dasar-Dasar Perangkat Lunak dan Gim merupakan mata pelajaran wajib di sekolah menengah kejuruan (SMK) program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak(RPL). Menurut hasil observasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Siswa lebih suka belajar melalui internet daripada buku pembelajaran (2) Siswa lebih suka belajar melalui sistem informasi yang menarik. (3) Siswa kesulitan mencari referensi yang mudah dipahami untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Perangkat Lunak dan Gim. (4) Waktu belajar yang terbatas dan (5) belum ada media yang mengajarkan Dasar-Dasar Perangkat Lunak dan Gim yang menarik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi berbasis media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat blajar terhadap mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Siswa mendapatkan beberapa keuntungan dari pembuatan website interaktif ini antara lain (1) Mempermudah siswa dalam mempelajari beberapa materi Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. (2) Sebagai wadah untuk mendistribusikan referensi berupa karya atau solusi dari studi kasus. (3) Membantu siswa dalam menentukan seberapa jauh pemahaman mereka terhadap materi-materi yang tercakup dalam mata kuliah Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. (4) Sebagai media belajar yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R2D2 yang terdiri dari empat komponen penelitian (1) Reflective (2) Recursive (3) Design dan (4) Development. Media pembelajaran akan diuji coba kepada siswa SMK yang sudah menempuh ataupun mempunyai atensi dalam mempelajari secara lebih mendalam mengenai Dasar- Dasar Perangkat Lunak dan Gim. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian dan pemilihan teknik analisis dalam pengembangan ini menggunakan analisis kuantitatif dan hasil pengumpulan data menggunakan anket kuesioner. Penelitian ini memiliki tujuh aspek yang diuji coba. Penelitian ini mendapat hasil dengan persentase 88.64% pada aspek validasi ahli media. Pada aspek ahli materi mendapat hasil dengan persentase 89.20%. Mendapat hasil dengan persentase 89.57% pada aspek uji coba skala kecil. Pada aspek uji coba skala besar mendapat hasil dengan persentase 90.23%. Pada aspek uji functionality mendapat hasil dengan persentase 98.68%. Mendapat hasil dengan persentase 83.79% pada aspek uji usability. Dan pada aspek uji minat belajar siswa mendapat hasil dengan persentase 82.76%. Kesimpulan yang didapatkan bahwa media belajar berbasis web dapat digunakan sebagai media belajar serta dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301752

Actions (login required)

View Item View Item