Pengembangan learning management system berbasis webview dan flask untuk mengukur aksesibilitas belajar siswa smk kelas x dalam merdeka belajar mata pelajaran informatika / Akhmad Bagus Satrio - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan learning management system berbasis webview dan flask untuk mengukur aksesibilitas belajar siswa smk kelas x dalam merdeka belajar mata pelajaran informatika / Akhmad Bagus Satrio

Satrio, Akhmad Bagus Satrio (2023) Pengembangan learning management system berbasis webview dan flask untuk mengukur aksesibilitas belajar siswa smk kelas x dalam merdeka belajar mata pelajaran informatika / Akhmad Bagus Satrio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan learning management system sebagai website yang dirancang untuk memberikan sumber edukasi pada pembelajaran pada saat ini didominasi menggunakan internet untuk dapat diakses oleh siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap siswa yang menempuh mata pelajaran Informatika di SMK Negeri 3 Batu dari 77% siswa memiliki permasalahan dari pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka yaitu (1) Siswa mencari materi secara mandiri (2) Siswa berpendapat hal ini kurang mendukung proses belajar (3) Siswa mengalami kesulitan dalam mencari materi di internet (4) Siswa memiliki keterbatasan konektivitas internet dan (5) Siswa cenderung enggan belajar ketika menemukan permasalahan. Diperlukan sebuah sistem manajemen pembelajaran yang memiliki kemudahan dalam akses atau lebih dikenal dengan aksesibilitas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan sebuah learning management system dengan menggunakan website yang berjalan pada jaringan lokal. Fokus penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis jaringan lokal pada mata pelajaran Informatika mengukur akses belajar peserta didik mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran dan mengetahui nilai akses belajar peserta didik. Pemanfaatan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Flask yang berjalan pada Webview maka materi yang diberikan dapat diubah sewaktu-waktu pada website tanpa mempengaruhi aplikasi. Ide tersebut menjadikan sebuah media pembelajaran mencakup muatan Merdeka Belajar mengkreasikan sumber edukasi sesuai dengan konteks dan muatan lokal. Dengan dikembangkannya website ini memiliki beberapa manfaat bagi siswa antara lain (1) Menyediakan akses untuk proses pembelajaran (2) Meningkatkan interaksi dengan guru dan teman dan (3) Memberikan umpan balik dan evaluasi untuk penilaian kinerja. Metodologi pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini merupakan model 4D. Model pengembangan 4D memiliki 4 komponen penelitian antara lain (1) Define (2) Design (3) Develop dan (4) Disseminate. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini merupakan sistem manajemen pembelajaran web dengan beberapa fitur utama antara lain (1) beranda (2) materi (3) diskusi (4) dan kuis. Media pembelajaran akan diuji coba oleh ahli sistem materi dan siswa SMK yang sedang menempuh Merdeka Belajar Informatika. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian dan pemilihan teknik analisis dalam pengembangan ini menggunakan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif adalah metode yang digunakan ketika data bersifat numerik dalam jumlah besar. Untuk metode pengumpulan data kuantitatif biasanya dengan melakukan observasi dan penyebaran angket. Hasil tes untuk uji verifikasi ahli sistem dan materi menunjukkan persentase 84 70% dan persentase 87 00% untuk hasil verifikasi ahli dengan kriteria keduanya adalah sangat baik. Implementasi penggunaan media dilakukan oleh 53 siswa kelas X DKV A B dan C SMKN 3 Batu. Hasil uji coba pengguna skala kecil menunjukkan persentase 86 09% dengan kriteria layak sekali. Hasil uji coba pengguna skala besar menunjukkan persentase 88 03% dengan kriteria layak sekali. Hasil uji akses belajar siswa menunjukkan persentase 84 10% dengan kriteria sangat tinggi. Media berbasis jaringan lokal telah diuji kelayakannya oleh ahli sistem ahli materi dan siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan media ini dinilai mampu mengukur aksesibilita belajar siswa dan dapat digunakan sebagai salah satu media pendukung pembelajaran pada mata pelajaran informatika di SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301751

Actions (login required)

View Item View Item