Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning bermuatan self-directed learning pada mata kuliah dasar pemrograman komputer untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang / Resha Digitha Iswara</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning bermuatan self-directed learning pada mata kuliah dasar pemrograman komputer untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang / Resha Digitha Iswara</p>

Iswara, Resha Digitha (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning bermuatan self-directed learning pada mata kuliah dasar pemrograman komputer untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang / Resha Digitha Iswara</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan memunculkan model mobile learning. Agar efektif maka mobile learning dapat ditambahkan metode seperti self-directed learning (SDL). Penerapan SDL yang dipadukan dengan mobile learning pada mata kuliah Dasar Pemrograman Komputer dapat membantu mahasiswa memahami konsep pemrograman dan meningkatkan minat belajar mereka. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan menguji kelayakan dan megetahui tingkat minat belajar mahasiswa dalam menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan tahapan model pengembangan 4-D yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop dan (4) Disseminate. Kelayakan media pembelajaran dinilai berdasarkan hasil validasi ahli uji skala kecil dan uji skala besar. Aspek penilaian media yang digunakan didasarkan oleh Al-Alwani (2014) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Sedangkan aspek penilaian materi yang digunakan didasarkan oleh Tahir amp Arif (2014) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Aspek penilaian minat mahasiswa yang digunakan didasarkan oleh Hasanati amp Purwaningsih (2021) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Hasil analisis kelayakan media pembelajaran diperoleh hasil validasi ahli media sebesar 90 42% validasi ahli materi sebesar 93 12% uji coba mahasiswa sebesar 84 93% dengan kategori ldquo sangat valid rdquo dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam membantu proses pembelajaran peserta didik. Sedangkan hasil tingkat minat belajar mahasiswa meingkatkan sebesar 3 42% pada uji skala kecil dan 5 50% pada uji skala besar. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran berbasis aplikasi Android mata kuliah Dasar Pemrograman Komputer dengan nama Fless untuk mahasiswa PTI dan PTE UM. Fless memiliki 4 menu utama yaitu beranda materi tugas dan akun. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi Fless sangat valid untuk digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar Pemrograman Komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301748

Actions (login required)

View Item View Item