Penerapan model unified theory of acceptance and use of technology (utaut) untuk memahami penerimaan pengguna sistem ujian online di SMK Negeri 4 Malang / Mario Hendrial Christanto Ay</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model unified theory of acceptance and use of technology (utaut) untuk memahami penerimaan pengguna sistem ujian online di SMK Negeri 4 Malang / Mario Hendrial Christanto Ay</p>

Ay, Mario Hendrial Christanto (2023) Penerapan model unified theory of acceptance and use of technology (utaut) untuk memahami penerimaan pengguna sistem ujian online di SMK Negeri 4 Malang / Mario Hendrial Christanto Ay</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan teknologi informasi telah banyak membantu terlaksananya kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu penerapan teknologi informasi di sekolah adalah sistem ujian online. Penyelenggaraan sistem ujian online diharapkan dapat mempermudah kegiatan evaluasi hasil belajar siswa dan menghasilkan data yang cepat tepat dan akurat. SMK Negeri 4 Malang merupakan sekolah yang telah menerapkan sistemiujianionline berbasisiwebidalam pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS). Dalam penerapan sistem ujian online penerimaan pengguna perlu diperhatikan guna mengetahui keberhasilan sistem ujian online tersebut sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas sistem ujian online selanjutnya. Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan sebuah model evaluasi pada penerimaan pengguna sistem ujian online. Salah satu model yang sering digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Model UTAUT bertujuan untuk menjelaskan maksud pengguna dalam penggunaan teknologi dan perilaku penggunaan selanjutnya (Venkatesh et al. 2003). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor UTAUT terhadap penggunaan Sistemi Ujiani Onlinei Berbasisi Webi dii SMKi Negerii 4i Malang. Faktor-faktor UTAUT yang digunakan yaitu performance expectancy effort expectancy social influence dan facilitating conditions yang merupakan determinan bagi behavioral intention. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 274 siswa kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023. Hubungan kausal antar faktor-faktor UTAUT kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa performance expectancy effort expectancy dan facilitating conditions masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention sedangkan social influence berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap behavioral intention. Secara keseluruhan performance expectancy effort expectancy social influence dan facilitating conditions berpengaruh sebesar 60 2% terhadap behavioral intention sedangkan 40 8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301747

Actions (login required)

View Item View Item