Perbedaan pembelajaran blended learning menggunakan sevima edlink dengan pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 7 Malang / Erda Septya Sari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pembelajaran blended learning menggunakan sevima edlink dengan pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 7 Malang / Erda Septya Sari</p>

Sari, Erda Septya (2022) Perbedaan pembelajaran blended learning menggunakan sevima edlink dengan pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 7 Malang / Erda Septya Sari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-Learning merupakan suatu inovasi yang bermanfaat pada proses pembelajaran dengan menggunakan E-Learning membuat materi atau bahan ajar yang akan disampaikan pada peserta didik menjadi lebih menarik dan dinamis. Selain pemanfaatan E-Learning proses pembelajaran perlu didukung dengan adanya model pembelajaran. Model pembelajaran Blended Learning dirasa cocok digunakan untuk pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi didalamnya. Dengan model pembelajaran Blended Learning menggunakan kelas virtual Sevima Edlink diharapkan dapat menjadi salah satu inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran yang cocok pada kelas X TKJ di SMK Negeri 7 Malan. Sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Prosedur penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Objek penelitian ini adalah peserta didik TKJ X SMK Negeri 7 Malang yang terdiri dari 2 kelompok pada pembelajaran tahun 2022/2023. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dan soal pretest posttest. Metode analisis instrumental menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan model pembelajaran Blended Learning dengan menggunakan media kelas virtual Sevima Edlink dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi dan hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang pada motivasi belajar pada kelas eksperimen sebesar 55 11 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 41 61. Sedangkan pada hasil pemahaman peserta didik menunjukkan adanya perbedaan yaitu kelas eksperimen sebesar 61 64 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 56 47.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301744

Actions (login required)

View Item View Item