Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan problem based learning untuk mengetahui tingkat minat belajar animasi 2d dan 3d bagi siswa kelas XI / Sekar Ayu Bulan Firdaus</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan problem based learning untuk mengetahui tingkat minat belajar animasi 2d dan 3d bagi siswa kelas XI / Sekar Ayu Bulan Firdaus</p>

Firdaus, Sekar Ayu Bulan (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan problem based learning untuk mengetahui tingkat minat belajar animasi 2d dan 3d bagi siswa kelas XI / Sekar Ayu Bulan Firdaus</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Animasi 2D dan 3D merupakan mata pelajaran SMK program keahlian Multimedia kelas XI. Pada mata pelajaran tersebut dianggap mudah karena penjelasan materi pada modul tergolong mudah untuk dimengerti dan cukup efektif diterima oleh siswa. Akan tetapi dapat dikatakan penyajian materi dalam modul dianggap monoton sehingga siswa mengalami munculnya rasa bosan dan kurangnya minat belajar. Pendidikan di abad ke-21 siswa mampu mengahadapi pendidikan tersebut dengan menerapkan 4K pada pembelajaran yaitu Berfikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah Komunikasi Kolaborasi Kreatif dan Inovatif. Pada tantangan tersebutlah penelitian ini diterapkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media pembelajaran interaktif berupa e-modul berbasis digital flip book. Dimana media pembelajaran interaktif tersebut merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan pesan pembelajaran yang menggunakan gambar animasi teks dan tampilan yang memungkinkan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif bermuatan problem based learning untuk mengetahui tingkat minat belajar animasi 2D dan 3D bagi siswa kelas XI yang bersifat layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media ahli materi 30 siswa uji cobalapangan. Hasil validasi ahli media menyatakan valid sebesar 89 29%. Hasil validasi ahli materi menyatakan valid sebesar 86%. Hasil uji coba lapangan sebesar 87 95% membuktikan valid. Hasil tingkat minat belajar siswa 91 75% yang dapat dikatagorikan minat siswa tinggi sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah dianggap layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan ASSURE yang dikembangkan oleh Sharon E. Smaldino James D. Russel Robert Heinich dan Michael Molenda. Terdapat enam tahapan yang harus dilalui dalam model ASSURE yaitu (a) menganalisis siswa (analyze learner) (b) merumuskan standar dan tujuan (state standard and objectives) (c) memilih strategi teknologi media dan materi ajar (select methods media and materials) (d) memanfaatkan teknologi media dan materi ajar (utilize methods media and materials) (e) mengajak siswa untuk berpartisipasi (requires learner participation) (f) melakukan evaluasi dan revisi (evaluate and revise). Subjek penelitian ini adalah siswa SMK kelas XI dengan program keahlian multimedia. Instrumen mengukur minat belajar siswa dalam penelitian menggunakan model ARCS oleh Keller. Instrumen untuk mengukur kelayakan media diadaptasi dari modifikasi Wahono dan LORI. Teknik analisis data dalam penelitian ini untuk memproses data kuantitatif menggunakan rumus yang diadaptasi dari Akbar berupa teknik deskriptif persentase sedangkan untuk data kualitatif berupa penarikan kesimpulan dari kritik dan saran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301743

Actions (login required)

View Item View Item