Pengembangan e-modul berbasis project based learning pada mata pelajaran pemrograman web bagi siswa kelas xi jurusan rekayasa perangkat lunak SMK Negeri 4 Malang / Bimo Ahmad Ramadhan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis project based learning pada mata pelajaran pemrograman web bagi siswa kelas xi jurusan rekayasa perangkat lunak SMK Negeri 4 Malang / Bimo Ahmad Ramadhan</p>

Ramadhan, Bimo Ahmad (2023) Pengembangan e-modul berbasis project based learning pada mata pelajaran pemrograman web bagi siswa kelas xi jurusan rekayasa perangkat lunak SMK Negeri 4 Malang / Bimo Ahmad Ramadhan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran project based learning untuk membantu siswa dalam meningkatkan belajar dan motivasi siswa serta untuk mengetahui respon siswa dan guru. Salah satunya adalah kompetensi keahlian pemrograman web terhadap pengembangan e-modul berbasis project based learning pada mata pelajaran pemrograman web untuk siswa kelas XI rekayasa perangkat lunak SMK Negeri 4 Malang. Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam proses pembelajaran mata pelajaran pemrograman web. Proses pembelajaran masih menggunakan e-modul yang kurang memadai yang masih berbentuk pdf seperti pada umumnya dan basic materi di dalam e-modul tersebut hanya terdapat materi yang masih kurang untuk di mengerti oleh siswa serta e-modul tersebut daya tarik minat siswa juga masih kurang dikarenakan siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman web. Penelitian ini bertujuan dalam pengembangan Reserch and Development (R amp D) dengan model ADDIE. Dalam penelitian pengembangan e-modul berbasis project based learning ini untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan dengan menggunakan metode kuisioner dengan alat pengumpulan data berupa angket. Agar hasil analisis respon siswa menunjukan persentase yang memberikan respon sangat baik. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa validasi diantaranya (1) Validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 97 89% dengan kriteria sangat valid (2) Validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 88 75% dengan kriteria sangat valid Validasi subject uji coba terbatas diperoleh persentase sebesar 91 76% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat validitas rata-rata produk sebesar 92 8%. Berdasarkan persentase tersbut dapat dinyatakan bahwa tingkat validitas produk adalah sangat valid dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301742

Actions (login required)

View Item View Item