Pengembangan e-modul interaktif bermuatan problem-based learning untuk menumbuhkan minat belajar teknik multimedia bagi mahasiswa pendidikan teknik informatika / Rista Bramastya</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul interaktif bermuatan problem-based learning untuk menumbuhkan minat belajar teknik multimedia bagi mahasiswa pendidikan teknik informatika / Rista Bramastya</p>

Bramastya, Rista (2023) Pengembangan e-modul interaktif bermuatan problem-based learning untuk menumbuhkan minat belajar teknik multimedia bagi mahasiswa pendidikan teknik informatika / Rista Bramastya</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-modul interaktif menggunakan Problem-based Learning merupakan suatu model pembelajaran dalam menarik minat belajar mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi informasi. Teknik multimedia adalah mata kuliah mahasiswa S1 PTI UM. Mata kuliah ini relevan diajarkan di SMK dengan kompetensi keahlian Multimedia DKV dan Broadcasting. Berdasarkan angket yang disebarkan pada sampel penelitian menunjukkan bahwa modul PDF dan link video sebagai bahan ajar membuat mahasiswa kurang tertarik dan mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah pengembangan dan mengetahui kelayakan e-modul interaktif berbasis flipbook serta mengetahui minat belajar mahasiswa setelah menggunakan produk. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan hasil penyederhanaan Tim Puslitjaknov. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Instrumen yang digunakan yaitu angket observasi perumusan materi kelayakan produk dan minat belajar. Produk mendapakan penilaian dari ahli media dengan persentase 96.67 % atau sangat layak. Penilaian dari ahli materi mendapatkan persentase 96.67 % atau sangat layak. Uji coba skala kecil menghasilkan persentase kelayakan sebesar 90.30% atau sangat layak. Pada uji coba skala besar produk mendapatk persentase kelayakan sebesar 90.83% atau sangat layak. Minat belajar mahasiswa setelah menggunakan produk didapatkan persentase sebesar 88.94% atau sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 01:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301738

Actions (login required)

View Item View Item