Pengaruh penerapan konsep total quality management (TQM) terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja (studi kasus pada monthly labour PT Sampoerna Printpack Sukerojo) / Dian Maya Finasariia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan konsep total quality management (TQM) terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja (studi kasus pada monthly labour PT Sampoerna Printpack Sukerojo) / Dian Maya Finasariia

Dian Maya Finasari (2009) Pengaruh penerapan konsep total quality management (TQM) terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja (studi kasus pada monthly labour PT Sampoerna Printpack Sukerojo) / Dian Maya Finasariia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia bisnis kini semakin menglobal persainganpun semakin tajam kondisi semacam ini menjadi acuan sebuah organisasi untuk lebih meningkatkan kinerja dan mutu usahanya agar tujuan organisasi yang telah dirancang dapat tercapai karena hanya perusahaan yang mampu menghasilkan barang berkualitas yang dapat bertahan dan bersaing dalam pasar global. Dalam konteks ini kulitas merupakan faktor fundamental yang harus dikelola dengan sebaik-baiknya karena hanya perusahaan yang menghasilkan produk bermutu prima yang memiliki kesesuaian dengan konsumen yang dapat memenangkan persaingan.Untuk menjamin dihasilkannya produk yang berkualitas maka manajemen mutu harus mewarnai proses kerja mulai dari perencanaan hingga produksi bahkan sampai pelayanan purna jual. Untuk melakukan pengendalian mutu ini maka perlu dikembangkan sebuah sistem manajemen bermutu yang biasa dikenal dengan sebutan Total Quality Management (TQM) yang merupakan konsep memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara terus-menerus atas produk jasa manusia proses dan lingkungannya dengan menggunakan sumber daya manusia dan modal yang tersedia.Melalui penerapan konsep TQM secara baik dan benar kepuasan kerja akan diperoleh karyawan dan berimplikasi secara langsung terhadap peningkatan kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT SAMPOERNA PRINTPACK Sukorejo yang merupakan anak perusahaan PT SAMPOERNA yang khusus menangani masalah packaging rokok. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan konsep total quality management terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja baik secara langsung mapun tidak langsung.Variabel bebas dari penelitian ini terdiri dari TQM practices (X1) sebagai variabel bebas kepuasan kerja (X2) sebagai variabel interfening dan kinerja karyawan (X3) sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini berjumlah 370 orang dengan sampel yang digunakan 79 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah dengan menyebar kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisisjalur dengan alat bantu program SPSS versi 11.0. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh penerapan TQM terhadap kepuasan kerja dengan besarnya nilai thitung 8 870 dengan ttabel 1 99. Nilai thitung ttabel maka dapat disimpulkan bahwa variabel X1 (TQM practices ) berpengaruh positif secara langsung yang signifikan terhadap kepuasan kerja (X2). Nilai koefisien beta terstandarisasi untuk variabel X1 (TQM practices) sebesar 0 711 dan berhubungan positif (searah) yang berarti semakin tinggi penerapan TQM practices maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan kerja yang diperoleh karyawan. Variabel X2 (kepuasan kerja) mempunyai nilai thitung 3 834 dengan ttabel 1 99. Jadi thitung ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X2 (kepuasan kerja) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan secara langsung. Nilai koefisien beta terstandarisasi untuk variabel X2 (kepuasan kerja) sebesar 0 425 dan hubungannya positif (searah) yang berarti jika semakin tinggi kepuasan krja maka semakin tinggi pula tingkat kinerja karyawan. Variabel X1 (TQM practices) mempunyai nilai thitung 3 328 dengan ttabel 1 99. Jadi thitung ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X1 (TQM practices) memiliki pengaruh positif secara langsung yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Nilai koefisien beta terstandarisasi untuk variabel X1 (TQM practices) sebesar 0 369 yang berarti jika semakin tinggi penerapan TQM practices maka semakin tinggi pula tingkat kinerja karyawan. Dari hasil analisis jalur dari penelitian ini dapat diperoleh persamaan ZX2 0 711 X1 0 495 maka dapat diketahui jika nilai koefisien dari X1 dinaikkan sebesar satu satuan maka nilai kepuasan kerja (X2) akan naik sebesar 0 711 dan persamaan ZX3 0 369 X1 0 425X2 0 461. Dari hasil analisis data diperoleh besarnya nilai R square dari pengaruh secara langsung TQM practices terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 0 505 yang berarti berarti 50 5% variabel kepuasan kerja dipengaruhi oleh TQM practices sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Untuk persamaan kedua nilai R square dari pengaruh kepuasan kerja dan TQM practices terhadap kinerja adalah sebesar 0 539 yang artinya 53 9% variabel kinerja dipengaruhi oleh variabel kepuasan kerja dan TQM practices sedangkan 47 1 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak tercantum dalam model penelitian ini. Dari hasil analisis data yang ada maka dapat diketahui pula pengaruh secara tidak langsung penerapan konsep TQM terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja yaitu sebesar 0 771 atau 77 1% yang berari informasi yang trkandungdalam 77 1% dapat dijelaskan oleh model tersebut sedangkan 22 9% dijelaskan oleh variabel yang lain yang belum terdapat dalam model dan error. Saran dari penelitian ini adalah mengingat secara kuantitatif penerapan TQM practices dengan baik sangat berpengaruh pada pencapaian tingkat kepuasan kerja dan kinerja karyawan untuk itu hendaknya penerapan TQM practices ditingkatkan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30170

Actions (login required)

View Item View Item