Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (studi pengguna lampu TL merek Philips di Kelurahan Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri) / Eni Dwi Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (studi pengguna lampu TL merek Philips di Kelurahan Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri) / Eni Dwi Purwanti

Eni Dwi Purwanti (2009) Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (studi pengguna lampu TL merek Philips di Kelurahan Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri) / Eni Dwi Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan yang semakin ketat mendorong perusahaan agar lebih kreatif dan inovatif terhadap produk yang ditawarkan. Perbaikan kualitas produk secara terus-menerus merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh peruasahaan agar tetap bertahan dan diminati konsumen. Kualitas produk yang ingin dipenuhi perusahaan harus dilihat dari sudut pandang konsumen sebab konsumen merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan dalam merancang suatu sistem dan manajemen baru selain itu konsumen merupakan pasar sasaran bagi produk yang dihasilkan perusahaan sehingga keinginan dan selera konsumen adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan. Hal tersebut ditujukan untuk memenuhi keinginan pasar dan berusaha menciptakan kepuasan konsumen. Mengingat betapa pentingnya peningkatan kualitas produk bagi pemenuhan kepuasan konsumen maka penulis tertarik untuk meneliti pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen khususnya bagi pengguna lampu TL merek Philips di Kelurahan Pojok Kec. Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran objektif tentang pengaruh kinerja produk keistimewaan produk kehandalan produk kemampulayanan produk dan persepsi kualitas produk terhadap kepuasan konsumen lampu TL merek Philips secara parsial pengaruh kinerja produk keistimewaan produk kehandalan produk kemampulayanan produk dan persepsi kualitas produk terhadap kepuasan konsumen lampu TL merek Philips secara simultan sub variabel kualitas produk yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen lampu TL merek Philips. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu kualitas produk sebagai variabel independen serta kepuasan konsumen sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini tergolong infinite population (tidak terhingga jumlahnya). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna lampu TL merek Philips di Kelurahan Pojok Kec. Mojoroto Kota Kediri dari populasi tersebut diperoleh sampel sejumlah 73 responden. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multy Stage Sampling yang terdiri dari beberapa tahapan (1) Proporsional Sampling (2) Purposive Sampling (3) Accidental Sampling. Pengambilan data primer dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner yang sebelumnya telah diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas yang telah diujikan kepada 30 responden di luar sampel yang akan diambil. Instrumen penelitian tersebut menggunakan Skala Likert dengan 5 skala pengukuran untuk kualitas produk yang meliputi sangat setuju (5) setuju (4) kurang setuju (3) tidak setuju (2) dan sangat tidak setuju (1). Sedangkan untuk kepuasan konsumen juga diberikan 5 skala pengukuran yang meliputi sangat puas (5) puas (4) kurang puas (3) tidak puas (2) dan sangat tidak puas (1). Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik dokumentasi. Tujuan penelitian ini diwujudkan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif guna mengetahui gambaran masing-masing sub variabel kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk keistimewaan produk kehandalan produk kemampulayanan produk dan persepsi kualitas produk serta variabel kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan dengan bantuan SPSS 10.00 for Windows. Untuk menguji kelayakan model regresi dilakukan uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh kinerja produk (X1) keistimewaan produk (X2) kehandalan produk (X3) kemampulayanan produk (X4) dan persepsi kualitas produk (X5) secara parsial terhadap kepuasan konsumen (Y) pengguna lampu TL merek Philips dengan nilai 946 1 0 219 dan nilai sig t1 0 001 nilai 946 2 0 175 dan nilai sig t2 0 039 nilai 946 3 0 159 dan nilai sig t3 0 003 nilai 946 4 0 183 dan nilai sig t4 0 032 nilai 946 5 0 140 dan nilai sig t5 0 021. Berdasarkan nilai Fhitung sebesar 19 261 dan tingkat signifikansi 0 000 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kinerja produk (X1) keistimewaan produk (X2) kehandalan produk (X3) kemampulayanan produk (X4) dan persepsi kualitas produk (X5) secara simultan terhadap kepuasan konsumen (Y) pengguna lampu TL merek Philips. (2) Dimensi kualitas produk yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen lampu TL merek Philips adalah kinerja produk dengan nilai Beta ( 61538 ) terbesar yaitu 0 304. Saran penulis adalah (1) Kondisi kualitas produk yang dijabarkan dalam analisis statistik deskriptif yang meliputi kinerja produk keistimewaan produk kehandalan produk kemampulayanan produk dan persepsi kualitas produk hendaknya dapat digunakan Philips sebagai bahan pertimbangan guna terus meningkatkan kualitas produknya sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen (2) Hendaknya PT Philips sebagai produsen alat elektronika dan lampu terbesar di dunia terus berupaya meningkatkan kualitas produknya khususnya untuk jenis lampu TL dengan peningkatan kualitas produk secara terus-menerus diharapkan Philips mampu meningkatkan kepuasan konsumennya sehingga selalu dipilih dan diminati (3) Untuk meningkatkan kemampulayanan produknya dalam menanggapi kritik saran keluhan dan lain-lain sehingga mampu memberikan kepuasan bagi konsumen maka hendaknya PT Philips terus mensosialisasikan pusat layanan yang telah dimilikinya agar dapat dimanfaatkan oleh konsumen guna perbaikan produk di masa yang akan datang (4) Hendaknya PT Philips mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan persepsi kualitas produknya di mata konsumen agar mampu memberikan kepuasan dengan cara menjaga dan meminimalisir produk Philips dari pemalsuan yang dilakukan oleh sejumlah oknum melalui pemberian pengetahuan dan informasi yang memadai mengenai ciri-ciri fisik lampu TL merek Philips yang asli pada konsumen (5) Peneliti berikutnya yang ingin meneliti lebih jauh tentang kualitas produk lampu TL merek Philips dan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen hendaknya menggunakan 8 komponen kualitas produk secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30165

Actions (login required)

View Item View Item