Pengaruh pemberdayaan dan kepemimpinan terhadap kinerja melalui kepuasan kerja (studi pada tenaga perawat rumah sakit umum daerah Dr. Soegiri Lamongan) / Permadi Indra Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemberdayaan dan kepemimpinan terhadap kinerja melalui kepuasan kerja (studi pada tenaga perawat rumah sakit umum daerah Dr. Soegiri Lamongan) / Permadi Indra Kusuma

Permadi Indra Kusuma (2009) Pengaruh pemberdayaan dan kepemimpinan terhadap kinerja melalui kepuasan kerja (studi pada tenaga perawat rumah sakit umum daerah Dr. Soegiri Lamongan) / Permadi Indra Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan dunia usaha di Indonesia saat ini yang semakin cepat dan pesat berakibat pada persaingan dan kompetisi antar organisasi sehingga siapa yang kuat dia yang menang. Faktor yang sangat berpengaruh dalam membentuk suatu organisasi yang kuat adalah faktor manusianya. Maka dari itu suatu organisasi dituntut memberdayakan dan memimpin manusianya tersebut dengan semaksimal mungkin agar tercipta kepuasan kerja yang dapat berdampak meningkatnya kinerja manusia yang ada di dalamnya sehingga organisasi tersebut dapat kuat dan berkompeten. Pemberdayaan dan kepemimpinan yang diterapkan suatu organisasi dapat berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan juga nantinya mempengaruhi tingkat kinerja karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan dan kepemimpinan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soegiri Lamongan guna meningkatkan kinerja karyawannya melalui kepuasan kerja. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soegiri Lamongan pada bulan Desember 2006 sampai dengan Januari 2007. Subjek dalam penelitian ini adalah tenaga perawat Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soegiri Lamongan yang berjumlah 116 orang. Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 90 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang dipakai adalah analisis jalur (path analysis) yang merupakan suatu bentuk terapan dari analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Tujuan dari analisis jalur adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu pemberdayaan (X ) dan kepemimpinan (X ) variabel interfening yaitu kepuasan kerja (Z) dan variabel terikat yaitu kinerja (Y). Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa cara antara lain angket atau kuesioner wawancara atau interview dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian ini menggunakan item-item dari penelitian terdahulu yang telah teruji sehingga uji coba kuesioner untuk menguji instrumen tidak perlu dilakukan. Sedangkan untuk uji validitas dan reliabilitas tetap dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima hipotesis alternatif yang diajukan adalah diterima. Hasil pengaruh langsung diperoleh 946 0 679 untuk pemberdayaan terhadap kepuasan kerja 946 0 301 untuk kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dan untuk kepuasan kerja terhadap kinerja memiliki 946 0 975. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung dihasilkan sebesar 0 662 yaitu hasil dari pengaruh tidak langsung pemberdayaan terhadap kinerja melaui kepuasan kerja dan 0 293 untuk pengaruh tidak langsung kepemimpinan terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar pihak Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soegiri Lamongan lebih memperhatikan lagi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja tenaga perawat antara lain menyangkut kepuasan terhadap kompensasi yang diberikan (sesuai dengan beban kerja) kepuasan terhadap pimpinan kepuasan terhadap rekan kerja dan sebagainya. Dimana apabila faktor-faktor tersebut lebih diperhatikan lebih baik lagi akan dapat menumbuhkan kinerja yang tinggi untuk bekerja lebih keras guna membantu keberhasilan Rumah Sakit. Selain itu pihak Rumah Sakit juga harus lebih memperhatikan segi kualitas dan kuantitas perawatnya dalam memberikan pelayanan terhadap konsumennya (pasien) dan juga pihak Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soegiri Lamongan hendaknya juga selalu meningkatkan mutu pelayanannya agar mampu bersaing dengan Rumah Sakit yang lainnya. Untuk penelitian selanjutnya peneliti menyarankan agar mengambil objek penelitian organisasi yang berskala lebih besar dan berada dikota-kota besar dan variabel-variabel yang diteliti antara lain kepuasan terhadap gaji trust (kepercayaan) niat untuk keluar loyalitas dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30161

Actions (login required)

View Item View Item