Pengaruh pengalaman dan jenis pendidikan guru terhadap pemahaman dimensi pengetahuan pada soal pilihan ganda di smkn 1 blitar / Ana Nur Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengalaman dan jenis pendidikan guru terhadap pemahaman dimensi pengetahuan pada soal pilihan ganda di smkn 1 blitar / Ana Nur Hidayati

Hidayati, Ana Nur Hidayati (2023) Pengaruh pengalaman dan jenis pendidikan guru terhadap pemahaman dimensi pengetahuan pada soal pilihan ganda di smkn 1 blitar / Ana Nur Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMK adalah salah satu wujud pendidikan resmi kejuruan pada jenjang pendidikan menengah dengan fokus utama meningkatkan keahlian peserta didik untuk melakukan tipe pekerjaan tertentu. Guna memenuhi tujuan tersebut peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan pada dimensi sikap/perilaku pengetahuan dan keahlian/keterampilan. Dalam dimensi pengetahuan peserta didik diusahakan untuk memahami terkait pengetahuan faktual konseptual prosedural serta metakognitif . Oleh karena itu guru selaku ujung tombak yang berhubungan langsung dengan peserta didik diharapkan mampu menyampaikan serta memahami apa yang diajarkan dan diujikan termasuk didalamnya yang terkait dengan dimensi pengetahuan. Tujuan dilakukannya riset ini adalah (1) mengetahui pemahaman guru terhadap dimensi pengetahuan pada soal pilihan ganda di SMKN 1 Blitar (2) mengetahui pengaruh pengalaman guru terhadap pemahaman dimensi pengetahuan pada soal pilihan ganda di SMKN 1 Blitar dan (3) mengetahui pengaruh jenis pendidikan guru terhadap pemahaman dimensi pengetahuan pada soal pilihan ganda di SMKN 1 Blitar. Jenis riset ini termasuk dalam riset korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah 34 guru di SMKN 1 Blitar. Pengumpulan data dilakukan secara offline dengan cara menemui guru secara langsung. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk variabel pengalaman dan jenis pendidikan guru. Serta pedoman penilaian untuk variabel pemahaman guru pada dimensi pengetahuan. Pedoman penilaian yang digunakan telah disetujui oleh validator ahli sehingga layak digunakan. Dalam riset ini analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif analisis regresi linear sederhana dan uji beda rerata kelompok data tunggal (T Test). Hasil penelitian memberitahukan bahwa (1) pemahaman guru di SMKN 1 Blitar terhadap dimensi pengetahuan pada soal pilihan ganda termasuk dalam kategori cukup dengan nilai terendah sebesar 66 67 nilai tertinggi sebesar 86 67 serta nilai rata-rata sebesar 75 49. (2) Tidak ditemukan pengaruh yang berarti/signifikan dari pengalaman mengajar guru di SMKN 1 Blitar terhadap pemahaman dimensi pengetahuan pada soal pilihan ganda. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari jenis pendidikan guru di SMKN 1 Blitar terhadap pemahaman dimensi pengetahuan pada soal pilihan ganda meskipun terdapat kecenderungan guru dengan jenis pendidikan S1 Kependidikan memiliki pemahaman yang lebih baik dibanding guru dengan jenis pendidikan S1 Teknik/Non Kependidikan. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa diperlukan adanya keaktifan guru dalam mempelajari mencari informasi dan mengikuti pelatihan yang terkait dengan dimensi pengetahuan guna meningkatkan pemahaman yang dimilikinya terhadap dimensi pengetahuan sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301455

Actions (login required)

View Item View Item