Pengaruh kemasan produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli hand phone Nokia (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Anna Rochma Yulian Syah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemasan produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli hand phone Nokia (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Anna Rochma Yulian Syah

Anna Rochma Yulian Syah (2010) Pengaruh kemasan produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli hand phone Nokia (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Anna Rochma Yulian Syah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Daya tarik suatu produk tidak dapat dilepaskan dari kemasannya karena kemasan merupakan salah satu dari wujud nyata suatu produk. Kemasan yang menarik dapat menjadi pendorong bagi konsumen untuk membeli karena tidak jarang keputusan untuk membeli suatu produk terjadi hanya karena pengaruh kemasan yang menarik. Kemasan merupakan alat promosi yang cukup efektif melalui kemasan yang menarik dapat merangsang konsumen untuk melakukan pembelian produk tersebut. Oleh sebab itu kemasan yang menarik harus tetap jadi perhatian karena kemasan dapat menimbulkan kesan pada produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variable kemasan terhadap keputusan pembelian hand phone Nokia. Penelitian ini mempunyai 2 variabel yaitu variabel independen (X) yang terdiri atas Bahan Kemasan (X1) Daya Tarik visual Kemasan (X2) Daya Tarik Kepraktisan Kemasan (X3) dan Etika Kemasan (X4) dan variabel dependent (Y) yang terdiri atas Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional data diperoleh dengan menggunakan tehnik kuisioner tertutup. Karena populasi tidak diketahui jumlahnya maka pengambilan sampel menggunakan rumus Daniel and Terrel dengan menggunakan tehnik purposive sampling Jumlah sampel yang diambil sebanyak 73 orang. Analis data dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows Release 11 0. Setelah dilakukan proses pengolahan data dan analisis regresi berganda diketahui hasil penelitian menyatakan (1) bahan kemasan dari hasil analisis data diperoleh nilai 1 -0 027 t hitung -0 248 signifikan t 0 805. Hal ini menunjukkan bahan kemasan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (2) Daya tarik visual kemasan dari hasil analisis data diperoleh 2 0 319 nilai t 3 027 signifikan t 0 003. Hal ini menunjukkan daya tarik visual kemasan signifikan terhadap keputusan pembelian (3) Daya tarik kepraktisan dari hasil analisis data diperoleh 3 0 120 nilai t 0 955 signifikan t 0 343. Hal ini menunjukkan daya tarik kepraktisan tidak ada pengaruh signifikan dengan keputusan pembelian (4) etika kemasan dari hasil analisis data diperoleh 4 0 472 nilai t 3 715 signifikan t 0 000. Hal ini menunjukkan etika kemasan ada pengaruh signifikan dengan keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan secara parsial hanya ada 2 variabel yang menunjukkan signifikansi terhadap keputusan pembelian yaitu daya tarik visual dan etika kemasan sedangkan variabel bahan kemasan dan daya tarik kepraktisan tidak ada pengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan bahan kemasan daya tarik visual daya tarik kepraktisan etika kemasan ada pengaruh yang signifikan. Saran yang dapat diajukan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah (1) Bagi produsen sebaiknya produsen membuat pelindung layar yang anti gores sehingga layar tetap terlihat jernih walau telah lama dipakai dan konsumen puas dengan produk yang dibeli (2) Walaupun hand phone telah mulai bergeser menjadi suatu bentuk trend mode namun diharapkan produsen tetap memperhatikan hand phone sebagai alat telekomunikasi yang memberikan kemudahan dalam berkomunikasi praktis mudah digenggam dan dibawa (3) Sebaiknya kesamaan warna gambar dengan produk didalamnya disamakan agar konsumen tidak kecewa (4) Memberikan tanda atau identitas khusus yang tidak dapat dipalsu sehingga menjamin keaslian produk (5) Bagi konsumen pertimbangan tempat pembelian merupakan salah satu cara untuk memperkecil resiko dalam membeli produk yang ilegal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30142

Actions (login required)

View Item View Item