Pengaruh faktor-faktor pemilihan program keahlian terhadap hasil belajar siswa kelas x dpib smk negeri 6 malang / Jupriadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor-faktor pemilihan program keahlian terhadap hasil belajar siswa kelas x dpib smk negeri 6 malang / Jupriadi

Jupriadi (2023) Pengaruh faktor-faktor pemilihan program keahlian terhadap hasil belajar siswa kelas x dpib smk negeri 6 malang / Jupriadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi berlandaskan hasil observasi dan wawancara peneliti pada saat melaksanakan kegiatan Asistensi Mengajar (AM) di SMK Negeri 6 Malang periode 2021/2022. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara siswa mengaku merasa salah dalam mengambil jurusan DPIB. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan dan kurang bersemangat dalam belajar. Menyebabkan siswa tidak tuntas dalam mengerjakan soal latihan. Hal ini diperkuat dengan nilai rapor pada semester pertama yang memiliki rata-rata di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Teknik Pengukuran Tanah dan Dasar-dasar Gambar Teknik. Penelitian ini ditujukan untuk melihat berbagai unsur yang memberikan pengaruh pada pemilihan program keahlian terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu mendeskripsikan mengenai pengaruh dan hubungan faktor-faktor pemilihan program keahlian sebagai variabel bebas (X) dengan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah penyebaran angket atau kuesioner. Dengan populasi dan sampel adalah siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 6 Malang. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan korelasi berdasarkan Pearson Product Moment untuk menguji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Faktor-faktor pemilihan program keahlian meliputi a) Motivasi belajar sebesar 55% b) Kompetensi yang dimiliki sebesar 37% c) Lingkungan sosial sebesar 10% d) Kapasitas program keahlian sebesar 52% dan e) Persepsi dunia kerja sebesar 47%. (2) Terdapat hubungan yang negatif atau tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam memilih program keahlian terhadap hasil belajar dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0.201 pada mata pelajaran Teknik Pengukuran Tanah dan 0.045 pada mata pelajaran Gambar Teknik. (3) Besar pengaruh faktor-faktor pemilihan program keahlian terhadap hasil belajar berdasarkan koefisien korelasi sebesar 0.040 atau sebesar 0 4% pada mata pelajaran Teknik Pengukuran Tanah dan sebesar 0 002 atau sebesar 0 02% pada mata pelajaran Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301416

Actions (login required)

View Item View Item